Sabtu, 04 Juli 2020
Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 01 Juni 2020 | 11:28 WIB

Hitekno.com - Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada hari ini (01/06/2020) disambut dengan meriah oleh netizen di Twitter. Dicuitkan puluhan ribu kali, Pancasila menjadi trending topik Twitter nomor satu.

Pantauan dari situs Trends24.in, Pancasila mulai menjadi trending topik Twitter nomor satu pada pukul 08.00 WIB.

Setelah dicuitkan lebih dari 60 ribu kali, topik Pancasila langsung kokoh menempati puncak trending topik Twitter regional Indonesia.

"Lahirnya Pancasila" merupakan judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan) pada tanggal 01 Juni 2020.

Pidato itulah yang menjadi konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali oleh Soekarno sehingga menjadi dasar negara Indonesia merdeka.

Pancasila menjadi trending nomor satu di Twitter. (Trends24.in)

 

Hingga saat ini, Pancasila dijadikan dasar ideologi negara Indonesia.

Sebenarnya pidato dari Soekarno tersebut awalnya tanpa judul, namun kemudian mendapatkan sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang akhirnya dibukukan oleh BPUPKI.

Sejak tahun 2017, setiap tanggal 01 Juni resmi dijadikan hari libur nasional untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Dikutip dari Suara.com, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap nilai-nilai luhur Pancasila dapat dipraktikkan seluruh elemen masyarakat untuk berjuang selama pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi (Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden)

 

"Menggerakan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan. Menggerakan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi," kata Jokowi dalam pidatonya yang disiarkan langsung oleh TVRI, Senin.

Netizen juga menggemakan topik Pancasila sehingga menjadi trending di Twitter.

"Selamat datang Juni. Selamat Hari Lahir Pancasila. Selamat Hari Anak Internasional. Mari kita mulai halaman baru. Fighting!" cuit @sunscent_sp.

Netizen menggemakan Pancasila di Twitter. (Twitter/ arifu200)

 

"Selamat Hari Lahir Pancasila. Hari ini berfungsi sebagai pengingat prinsip-prinsip pendiri negara ini dan seruan untuk merayakan persatuan dalam keberagaman. Hal-hal yang sering tersapu di bawah permadani, diperlakukan sebagai jargon belaka, alih-alih suar hidup yang sebenarnya #harilahirpancasila2020," kata @WidiasEvi.

"Kata-kata tidak akan bisa mengungkapkan betapa kami berterima kasih atas filosofi ini. Lima landasan Pancasila yang telah diuji oleh waktu dan ruang dalam peristiwa cakrawala bangsa ini," cuit @AsPanjaitan.

Hingga artikel ini ditulis, cuitan Pancasila masih bergema sehingga semakin kokoh di puncak trending topik Twitter.

BACA SELANJUTNYA

Bosan di Rumah Saja, Netizen Beli Game Anti Mainstream