Rabu, 02 Desember 2020

Google Assistant Dibekali Fitur Baru, Bisa Bayar Lewat Suara

Fitur baru memungkinkan Pencocokan Suara mengonfirmasi pembelian yang dilakukan melalui Google Assistant.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Google Assistant. (Shutterstock)
Google Assistant. (Shutterstock)

Hitekno.com - Google Assistant kini dibekali fitur baru yang memungkinkan Pencocokan Suara mengonfirmasi pembelian yang terlihat dari panel pengaturan Pembayaran dan Keamanan Asisten.

Sebagaimana dilansir laman Android Police, Rabu (27/5/2020), fitur baru ini merupakan bagian dari uji coba awal, namun terbatas yang memungkinkan Anda mengesahkan pembelian dalam beberapa kategori hanya dengan suara Anda melalui Google Assistant.

Tumpukan dokumen dukungan Google baru-baru ini diperbarui merujuk kehadiran fitur baru.

Ada beberapa cara berbeda membuka panel pengaturan Pembayaran dan Keamanan Asisten, tempat pengaturan baru tersebut hidup, tetapi cara termudah untuk dijelaskan adalah melalui aplikasi Google -> Lainnya -> Pengaturan -> Google Asisten -> Anda -> Pembayaran.

Di sana, Anda mungkin melihat opsi "Konfirmasi dengan Pencocokan Suara" yang baru, yang mungkin dinonaktifkan secara default. Mengaktifkannya membawa Anda ke layar pengaturan dan konfirmasi kata sandi akun Google tambahan.

Sayang, proses itu tidak bekerja untuk semua orang dan hanya tergantung tanpa henti daripada memajukan melalui langkah-langkah yang Anda lihat di bawah. Fitur ini telah diuji bahwa sakelar hadir dalam versi aplikasi Google setidaknya setua v11.8.7.21.

Google Indonesia sebagai ilustrasi [Suara.com/Tivan Rahmat].
Google Indonesia sebagai ilustrasi [Suara.com/Tivan Rahmat].

Setelah mengaktifkan pengaturan, Anda mungkin tidak akan melihat ada perubahan, bahkan jika mencoba melakukan pembelian melalui Asisten. Uji coba awal ini terbatas pada pembelian digital dalam aplikasi melalui Google Play dan pesanan restoran untuk saat ini.

Google juga telah menerbitkan apa yang diyakini sebagai dokumen pendukung baru yang menjelaskan cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur. Satu-satunya contoh daftar pembayaran berbasis suara adalah peningkatan dalam aksi melalui barang digital Google Play.(Suara.com/Dythia Novianty)

Terkait

Terkini