Sabtu, 11 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 27 Mei 2020 | 14:40 WIB

Hitekno.com - Beredar kabar di media sosial yang mengklaim Mamah Dedeh meninggal dunia. Kabar ini beredar sejak Rabu (27/5/2020). 

Benarkah kabar meninggalnya pendakwah atau ustazah Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh ini?

Mulanya beredar pesan berantai melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp terkait kabar meninggalnya Mamah Dedeh. Begini bunyi pesan yang beredar seperti diterima Suara.com:

"Innaa lillaahi wa inna illaihi Roojiuun.. Telah berpulang ke Rahmatullah Ustazah tercinta panutan muslim tanah air, MAMAH DEDEH pada hari selasa tanggal 26 Mei 2020, pukul 22.28 WIB, karena sakit di EKA HOSPITAL BUMI SERPONG DAMAI TANGERANG BANTEN."

Penjelasan

Kabar tersebut dibantah oleh komedian Abdel Achrian atau yang karib disapa Aa Abdel, rekan Mamah Dedeh dalam acara Mama dan Aa. Bantahan itu disampaikan melalui akun Instagram @abdelachrian.

Hasil cek fakta mendapati Instastory dari Abdel menyatakan Mamah Dedeh dalam keadaan sehat.

"Banyak yang tanya ke gue, benar nggak Mamah Dedeh meninggal dunia seperti yang beredar di grup-grup WA. Barusan gue telepon, Mamah Dedeh sehat, alhamdulillaah. Jadi berita-berita itu nggak benar," tulis Abdel.

Komedian Abdel Achrian membantah kabar kalau Mamah Dedeh meninggal. [Instagram]

Selain Abdel, Ustaz Yusuf Mansur juga memastikan kalau kabar Mamah Dedeh meninggal tidak benar.

"Mamah masih hidup, barusan saya telepon," kata Ustaz Yusuf Mansur.

Kesimpulan

Hasil cek fakta mendapati kalau kabar Mamah Dedeh meninggal dunia adalah hoaks alias berita bohong. (Suara.com/ Rendy Adrikni Sadikin).

BACA SELANJUTNYA

Lebih Selektif, Google Kini Sematkan Label Cek Fakta Pada Gambar