Senin, 13 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 26 Mei 2020 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Saat awal media sosial Facebook populer, terlalu mudah untuk mempercayai apa yang muncul di platform sati ini. Karena hal ini, banyak orang yang menggunakan peluang ini untuk menggunakannya dengan tidak bertanggung jawab.

Pasalnya kini ditemukan bayak akun palsu Facebook yang dirancang untuk menyebarkan penipuan. Jika belum jelas, Facebook sekarang mencoba melakukan bagian mereka untuk memperingatkan penggunanya.

Peringatan pengguna ini akan disampaikan melalui pesan-pesan yang akan diterima pengguna Facebook.

Dilansir dari laman Ubergizmo, kini jika pengguna Facebook mendapatkan pesan dari orang asing yang bukan bagian dari daftar teman di Facebook Messenger, pengguna akan mendapatkan pesan peringatan tersebut.

Pesan peringatan tersebut mengingatkan pengguna Facebook, kalau saja pesan tersebut bisa jadi peringatan adanya penipuan atau peniru seseorang.

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/ William Iven)

 

Salah satu contohnya adalah misalnya menerima pesan dari orang asing, Messenger akan menunjukkan kepada pengguna tentang peringatan yang menawarkan beberapa saran.

Pengguna bisa menolak permintaan untuk mengirim uang pada pengirim pesan.

Pasalnya, akun palsu tersebut dibuat agar mirip dengan seseorang yang dikenal pengguna, namun sebetulnya seseorang yang diajak ngobrol mungkin sebenarnya bukan seseorang yang asli.

Fitur ini tidak benar-benar menghentikan penipuan atau peniruan yang terjadi, namun fitur ini berupa peringatan tambahan pada pengguna.

Peringatan yang ada di Facebook ini akan memberikan seseorang untuk berpikir beberapa saat sebelum pengguna memberikan informasi pribadi atau mengirim uang kepada penipu.

BACA SELANJUTNYA

Terlanjur Bikin Netizen Iba, Penjual Kue Kering Ini Ternyata Penipu?