Selasa, 26 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Sabtu, 23 Mei 2020 | 11:15 WIB

Hitekno.com - Masih dalam tahap uji coba, versi beta terbaru WhatsApp kini memungkinkan penggunanya menambahkan kontak dengan hanya memindai kode QR, seperti yang dilaporkan dari WABetaInfo.

Fitur yang memudahkan penggunannya ini nantinya akan tersedia di iOS dan Android.

Dilansir dari laman The Verge, fitur ini nantinya dapat ditemukan dalam menu pengaturan aplikasi. Nantinya akan ada opsi untuk menampilkan kode, serta memindai kode QR code orang lain.

Kode QR ini juga dapat dicabut jika dibagikan dengan seseorang yang kamu tidak ingin memiliki nomor pengguna.

Meski fitur sederhana, namun menambahkan kontak di WhatsApp bisa jadi sangat menyebalkan. Pasalnya kamu harus menambahkan kontak secara manual di ponsel agar kontak WhatsApp baru muncul.

Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/Antoine Julien)

 

Fiitur kode QR ini nantinya cara yang jauh lebih mudah untuk menambahkan nomor seseorang jika pengguna bertemu secara langsung.

Meskipun fitur ini saat ini masih tersedia dalam versi beta, tidak diketahui bocoran fitur ini akan dirilis kapan ke aplikasi WhatsApp.

Jika kamu bergabung dengan beta di Android, kamu dapat mencobanya dan memverifikasi kode QR ini di pengaturan WhatsApp kamu, tetapi pengguna beta iOS tak bisa melakukannya karena ditutup.

Sebelumnya, belum lama ini WhatsApp mengumumkan akan menambah jumlah kapasitas peserta video call di aplikasi tersebut menjadi 50 orang.

Selain aplikasi mobile, fitur ini juga akan bisa digunakan di WhatsApp versi web. Dukungan web ini tentu bisa mendorong WhatsApp untuk bersaing dengan layanan konferensi video lainnya di tengah pandemi corona.