Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 19 Mei 2020 | 03:45 WIB

Hitekno.com - Viral di media sosial video tenaga medis kompak buang muka saat ada kunjungan pejabat di rumah sakit. Video ini menarik perhatian netizen di media sosial.

Aksi tersebut terjadi di Rumah Sakit Saint-Pierre Belgia. Para tenaga medis melakukan aksi diam ketika Perdana Menteri (PM) Belgia berkunjung ke RS pada hari Minggu (17/5/2020).

Awalnya, mereka terlihat berbaris seperti hendak menyambut kedatangan PM Belgia Sophie Wilmes. Namun, ketika mobil orang pejabat tinggi Belgia itu mulai mendekat, tenaga medis balik badan dan buang muka.

Aksi mereka pun viral di media sosial usai diunggah oleh beberapa akun Twitter, salah satunya oleh @eliistender10.

Ia menulis, "Demonstrasi yang paling lantang justru adalah ketika tenaga medis tak mengucapkan satu patah kata pun saat menyambut Perdana Menteri Belgia terkait penanganan pandemi di sana."

Tenaga medis balik badan saat PM Belgia berkunjung ke RS (Twitter).

 

Atas aksinya itu, mereka menerima banyak pujian dari netizen. Beberapa bahkan menyebut aksi mereka sebagai suatu hal yang "mengundang rasa hormat".

"Saya hormat dengan mereka. Ini contoh yang sempurna yang menunjukkan kalau aksi memang lebih lantang daripada kata-kata. Tak ada nyanyian ofensif atau plakat yang tidak ada artinya, hanya keheningan yang bermartabat dan oh itu pasti sangat menyakitkan. Angkat topi untuk Belgia," tulis @Chr15Wilkinson.

"Demo terbaik yang pernah aku lihat selama bertahun-tahun," kata @teaguestar.

Selain itu, beberapa netizen mencoba untuk meluruskan permasalahan yang memicu aksi protes mereka.

Mereka mengatakan aksi tersebut bukan soal performa pemerintah dalam menangani pandemi, melainkan karena tenaga medis yang telah berjuang tak dihargai secara setimpal.

"Itu bukan karena penanganan pandemi. Itu karena tenaga medis tidak mendapat perlindungan yang maksimal sebagaimana mestinya dan tidak diperlakukan dengan baik bahkan ketika mereka sangat dibutuhkan selama pandemi. Itu bedanya," kata @GMathys.

itulah video viral di media sosial yang menampilkan tenaga medis buang muka saat ada kunjungan perdana menteri Belgia mengunjungi rumah sakit. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

Pakai Kostum Unik Saat Buang Sampah, Ayah dan Anak Ini Jadi Sorotan