Kamis, 02 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 15 Mei 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Meski dirasa Ramadan tahun ini sangat berbeda karena dilakukan di tengah pandemi, YouTube membantu orang-orang untuk tetap terhubung satu sama lain dengan menyajikan konten khusus Ramadan selama beberapa minggu ke depan. 

Konten tersebut mencakup kegiatan sahur, konser musik amal, film lokal berdurasi penuh, hingga buka bersama dengan Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin.

"Bulan Ramadan tahun ini memang harus disesuaikan dengan krisis yang sedang terjadi di seluruh dunia. Tanpa mengurangi substansi Ramadan, silaturahmi dapat dilaksanakan secara virtual terlebih dahulu dan secara fisik setelah bahaya pandemi sudah mereka," ucap KH. Ma'ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia, dalam keterangan pers yang diterima Suara.com.

Selama satu pekan, YouTube menyajikan berbagai konten berbeda setiap harinya. Setiap Senin, YouTube akan memberikan konten tentang bagaimana orang lain seperti para kreator merayakan Ramadan di rumah.

Ilustrasi YouTube. [Shutterstock]

Selasa menyajikan live streaming main bareng dengan salah satu kreator gaming terbesar di Indonesia, kemudian Rabu menyelenggarakan live streaming konser amal, di mana pengguna juga dapat melihat playlist acara tersebut di YouTube Music.

Kamis menyajikan berbagai film lokal berdurasi penuh, serial YouTube Originals eksklusif, hingga dokumenter K-pop. Sedangkan Jumat YouTube dengan salah satu TV nasional menyelenggarakan virtual buka bersama dengan kata pengantar dari KH. Ma'ruf Amin. Terakhir, pengguna akan mendapatkan konten tentang kesehatan fisik dan mental pada hari Sabtu.

Di sisi lain, menurut data Google, pencarian seputar Ramadan di rumah telah meningkat menjadi 525 persen dibandingkan dengan 12 terakhir di YouTube.

Sedangkan data dari Google Trends menunjukkan bahwa minat orang Indonesia untuk Buka Puasa melonjak sekitar 1.950 persen dan pencarian mengenai Tarawih dan Puasa melonjak sekitar 1.150 persen dan 700 persen di Google Search.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Wow, Live Streaming PlayStation 5 Ditonton Jutaan Orang