Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 15 Mei 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Beberapa pengguna menggunakan Gmail setiap hari mungkin hanya untuk berkirim pesan dan terhubung satu sama lain. Tetapi ternyata Gmail memiliki banyak fitur yang memudahkan penggunanya lho. 

Beberapa fitur Gmail dapat membantu meningkatkan produktivitas pengguna. Dilansir dari Lifehack.org, Kamis (14/5/2020), berikut lima hacks Gmail yang dapat meningkatkan produktivitas:

1. Membatalkan email yang terkirim

Kesalahan email sangat umum terjadi. Menurut survei AOL, sekitar 32 persen pengguna secara tidak sengaja mengirimkan email yang salah.

Email yang salah kirim dapat menimbulkan kesan buruk sebagai seorang profesional atau bahkan dapat merusak karier pengguna.

Karena itu, Gmail menciptakan fitur yang dapat membantu untuk membatalkan email yang terkirim dalam rentang waktu hingga 30 detik.

Untuk melakukannya, buka Pengaturan akun Gmail > aktifkan tombol Undo Send > atur periode pembatalan sesuai keinginan pengguna.

Ilustrasi Gmail. [Shutterstock]

2. Email penghancuran diri

Gmail telah mengembangkan skrip perangkat lunak khusu yang menciptakan fitur penghancuran diri. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan time ke email dan itu akan dihancurkan sendiri setelah jangka waktu tertentu.

Fitur ini membantu ketika pengguna tidak ingin email diteruskan ke orang lain. Untuk melakukannya, klik pada ikon gembok dekat tombol kirim sebelum mengirim email. Tab baru bernama Confidential mode akan terbuka dengan opsi Set Expiration.

BACA SELANJUTNYA

Begini Cara Mudah Menjadwalkan Email di Gmail