Kamis, 04 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Kamis, 14 Mei 2020 | 18:15 WIB

Hitekno.com - Tak hanya di dunia nyata, bullying atau pelecehan juga kerap terjadi di media sosial, namun masalah ini terus meningkat dan menjadi serius untuk ditangani.

Menanggapi hal tersebut, Instagram telah mengumumkan banyak fitur baru yang disediakan di platform miliknya untuk penggunanya memerangi bullying secara online.

Dilansir dari laman Ubergizmo, salah satu fitur tersebut adalah kemampuan bagi pengguna untuk dapat menghapus komentar secara menyeluruh.

Jika sebelumnya pengguna hanya dapat memilih untul menghapusnya satu per satu dan itu sangat merepotkan ditambahh lagi jika memiliki jumlah pengikut yang banyak, fitur ini sangat bermanfaat.

Jika pengikut dan komentar bisa sampai ratusan dan ribuan untuk disaring, fitur ini juga membawa kemampuan bagi pengguna untuk memblokir banyak akun sekaligus.

Ilustrasi Instagram. (Unsplash/lalo Hernandez)

 

Tak hanya itu, untuk mendorong ke hal yang lebih postif Instagram juga akan memperkenalkan alat pin baru, di mana poster asli dapat memilih untuk menyematkan komentar di bagian atas.

Hal ini berarti bahwa ini akan menjadi komentar pertama yang akan dilihat oleh semua orang dan banyak orang dapat menerima hal baik serta bermafaat dari komentar postif tersebut.

Pengguna juga dapat menyematkan komentar tersebut untuk membagikannya kepada orang lain.

Selain itu, Instagram juga memudahkan pengguna untuk memilih siapa yang dapat memberi tag dan menyebutkannya dalam unggahan.

Tag dan sebutan terkadang disalahgunakan dalam spam serta juga digunakan dalam intimidasi online.

Sementara pengguna sebelumnya dapat secara manual menyetujui tag, pembaruan baru akan memungkinkan pengguna memilih siapa yang dapat menandai mereka secara eksklusif.

Diharapkan deretan fitur baru Instagram dapat efektif memerangi bullying yang marak terjadi.

BACA SELANJUTNYA

Kocak, Netizen Ini Temukan Akun Instagram Unik Foto ''Polisi Lagi Nunjuk''