Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 10 Mei 2020 | 17:15 WIB

Hitekno.com - Viral di media sosial, postingan kisah perjuangan kakek penjual geblek yang keliling Jogja menjajakan dagangannya. Kisahnya membuat netizen terharu.

Bukan pertama kali kisah pedagan keliling di Jogja yang viral di media soial membuat iba netizen. Kali ini perhatian netizen tertutuju pada seorang kakek penjual geblek.

Akun @elisabettrii mulanya mengunggah foto si kakek di lokasinya berjualan ke Twitter, Jumat (8/5/2020). Ia juga menambahkan keterangan singkat tentang pria lansia itu.

Menurut @elisabettrii, si kakek menjual camilan gurih khas Kulon Progo itu di Jalan Godean KM 8,5, Pedukuhan Klajuran, Desa Sidokarto, Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman. Setiap bungkus dihargai Rp20 ribu.

Pengunggah merasa prihatin lantaran tak hanya penjualnya sudah tua, melainkan kakek itu juga berjualan sampai malam hari. Ia bahkan tidur di kantor polisi selesai menjajakan dagangannya.

Pada foto unggahannya terlihat pria lansia itu mengenakan kaus lengan panjang, sarung, dan peci, duduk di atas terpal biru yang dijadikannya alas untuk duduk dan meletakkan dagangannya.

"Teman-temanku tolong larisin dagangan beliau ya. Jualan di Jl Godean km 8,5 (depan toserba WS Godean/baratnya cat Wawawa) beliau jualan geblek 1 plastiknya 20k. Beliau orang Kulon Progo, kalau malem tidur di kantor polisi. Berbagi enggak akan buat kalian miskin gaes :)," cuit @elisabettrii.

Kakek penjual geblek di Godean, Sleman - (Twitter/@elisabettrii)

 

Kicauan itu mendapat respons bagus dari netizen sampai di-retweet lebih dari 4.600 kali. Sebagian dari mereka mengaku pernah bertemu penjual geblek itu, sementara lainnya berniat membeli jajanan dari kakek tersebut.

"Kemarin Rabu pas aku lewat di situ simbahnya masih jualan padahal jalanan udah mulai sepi, aku sempat mampir beli gebleknya," ungkap @Siskabellam1.

"Sing sehat Mbah. Nek liwat Jalan Godean Km 9,5 nagrep geprekan mesti tak tuku tape opo geblek e. Wes suwe ra weruh simbah e jebul neng kono, sesok tak tukoni Mbah, tak parani [Kalau lewat Jalan Godean Km 9,5 di depan warung geprek pasti aku beli tape atau gebleknya. Sudah lama enggak lihat simbahnya, ternyata di situ, besok aku beli Mbah, aku mampir]," komentar @riwayanggek.

"Makasih share-nya, Kak. Kebetulan dekat rumah. Nanti aku infokan ke keluarga," tambah @sylviadeta.

Itulah kisah kakek penjual geblek yang keliling Jogja untuk menjajakan dagangannya. Kisah ini membuat iba netizen hingga viral di media sosial. (SuaraJogja.id/ Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana).