Kamis, 02 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 09 Mei 2020 | 13:30 WIB

Hitekno.com - Aplikasi Zoom banyak mendapatkan masalah dalam sisi keamanan. Namun tidak diam saja, Zoom mulai memperbaiki sistem keamanan mereka.

Kini Zoom mengumumkan akuisisi atas Keybase, sebuah startup penyedia jasa enkripsi pesan online, untuk menyediakan sistem komunikasi yang lebih aman dan mirip dengan enkripsi end to end dari WhatsApp.

"Ada platform komunikasi terenkripsi end-to-end. Ada platform komunikasi dengan keamanan yang mudah digunakan. Ada platform komunikasi dengan skala perusahaan. Kami percaya bahwa tidak ada platform saat ini yang menawarkan semua ini. Inilah yang Zoom rencanakan: memberikan keamanan bagi pengguna kami, kemudahan penggunaan, dan skala secara bersamaan," terang CEO Zoom Eric S. Yuan dalam keterangan resminya, Jumat (8/5/2020).

"Langkah pertama adalah mengumpulkan tim yang tepat. Keybase menghadirkan keahlian enkripsi dan keamanan yang mendalam ke Zoom, dan kami senang menyambut Max dan timnya. Membawa sekelompok insinyur keamanan yang kohesif seperti ini secara signifikan memajukan rencana 90 hari kami untuk meningkatkan upaya keamanan kami," lanjutnya.

Sementara itu, pendiri Keybase Max Krohn mengatakan bahwa proses pengakuisisian oleh Zoom ini memungkinkan layanan mereka agar bisa digunakan oleh lebih banyak orang lagi.

Aplikasi Zoom. (Zoom.us)

 

"Keybase senang bergabung dengan Tim Zoom. Tim kami bersemangat tentang keamanan dan privasi, dan merupakan suatu kehormatan untuk dapat membawa keahlian enkripsi kami ke platform yang digunakan oleh ratusan juta pengguna dalam sehari," pungkasnya.

Pasca pengakuisisian ini, Aplikasi Zoom dalam 90 hari ke depan berkomitmen untuk proaktif mengidentifikasi, mengatasi, dan meningkatkan kemampuan keamanan dan privasi platformnya.

Max Krohn akan memimpin tim pakar keamanan Zoom yang melaporkan langsung ke Eric Yuan. Kedua pemimpin dari Zoom dan Keybase akan bekerja bersama intensif untuk menentukan masa depan produk Keybase.

Sayang tak dibeberkan berapa mahar yang harus dibayar Aplikasi Zoom untuk mengambil alih Keybase. Akankah sistem keamanan Zoom bisa ditingkatkan? (Suara.com/ Tivan Rahmat).

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengganti Background Zoom dengan Mudah