Senin, 01 Juni 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 08 Mei 2020 | 12:28 WIB

Hitekno.com - Gojek bersama Yayasan Anak Bangsa kembali hadir untuk meringankan beban pengeluaran mitra driver melalui program 'Paket Makan Keluarga' di bulan Ramadan. Dalam program ini, Gojek membagikan ratusan ribu voucher makan gratis setiap minggu kepada mitra driver yang aktif di minggu tersebut. Mitra driver dapat menukarkan voucher ‘Paket Makan
Keluarga’ di belasan ribu merchant GoFood dengan paket yang terdiri dari tiga porsi makanan sehat berisi nasi, lauk pauk, dan sayuran.

Program ‘Paket Makan Keluarga’ ini dilakukan di berbagai kota utama di Indonesia dan berjalan dari tanggal 6 Mei hingga 30 Juni 2020.

Co-CEO Gojek sekaligus Dewan Pembina Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) Andre Soelistyo mengungkapkan, “Program voucher gratis ‘Paket Makan Keluarga’ ini ditujukan kepada mitra driver kami yang mengalami kesulitan penghasilan di masa pandemi ini. Dengan menyediakan voucher makan gratis untuk keluarga setiap minggu selama 8 minggu ke depan, kami berharap dapat membantu meringankan beban pengeluaran ratusan ribu mitra dan keluarganya.”

Sebelumnya, Gojek dan YABB telah melakukan dua tahap pembagian paket sembako kepada total 450.000 mitra driver dengan nilai paket senilai 100 ribu rupiah. Selain itu, Gojek bersama YABB juga telah memberikan bantuan sembako kepada lebih dari 5.000 mitra driver berusia lanjut.

Andre mengatakan, “Seluruh inisiatif ini kami lakukan sebagai wujud dari komitmen kami untuk membantu mitra kami di masa sulit ini. Program bantuan kami berfokus pada dua hal utama, yaitu pertama, meringankan beban pengeluaran mitra - seperti melalui program sembako dan makan gratis untuk keluarga, dan kedua, memastikan keamanan dan kesehatan mitra - seperti pembagian jutaan paket masker, hand sanitizer serta program penyemprotan disinfektan kendaraan, tidak hanya di Jabodetabek saja, tetapi juga di berbagai kota di Indonesia. Kami berupaya maksimal untuk menjangkau sebanyak mungkin mitra kami agar bisa membantu mereka melalui masa sulit ini bersama-sama.”

Paket Makan Keluarga. (Gojek)

 

Mitra Driver Gojek Heri Setiawan di Jakarta merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Gojek dan YABB di tengah-tengah Pandemi COVID-19 ini. “Terima kasih Gojek, sudah peduli kepada kami mitra-mitranya dengan memberikan voucher makan untuk saya dan keluarga. Voucher langsung saya tukar dengan makanan untuk berbuka puasa di rumah. Sebelumnya kami juga ikut merasakan bantuan berupa voucher sembako Rp100.000. Kedua program ini sangat membantu keluarga kami. Semoga wabah ini segera berlalu agar kami dapat bekerja dengan normal.”

Dicky Theodora, pemilik Ayam Goreng Ternate (AGT) Roxy di Jakarta, salah satu mitra merchant UMKM GoFood yang berpartisipasi juga menyatakan apresiasinya terhadap program ini. “Saya senang bisa ikut terlibat dalam program ini, karena program ini sangat membantu kami sebagai pelaku usaha kecil dalam menjaga volume transaksi, sambil di satu sisi ikut berkontribusi membantu para mitra driver. Masa pandemi memang telah membawa perubahan yang berdampak juga pada
penurunan pendapatan, namun program ini telah membantu meningkatkan pendapatan Ayam Goreng Ternate (AGT) Roxy sampai dengan 10%, sehingga saya masih tetap bisa mempertahankan karyawan-karyawan dan terus beroperasi. Sejak program diluncurkan memang cukup banyak driver yang datang dan menukarkan voucher nya di Ayam Goreng Ternate (AGT) Roxy, semoga banyak mitra driver yang dapat ikut terbantu melalui program ini.”

Paket Makan Keluarga. (Gojek)

 

Sejalan dengan apa yang disampaikan Dicky, Andre Soelistyo menambahkan, “Kami ingin memastikan bantuan dari Gojek dan YABB dapat menjadi multiplier effect dan memberi manfaat langsung seluas-luasnya bagi sebanyak mungkin pihak. Keterlibatan mitra merchant UMKM GoFood dalam program ‘Paket Makan Keluarga’ misalnya, membuat mereka berkesempatan memperoleh peluang pemasukan tambahan di luar pesanan harian yang ada. Nilai gotong-royong pun tercermin lewat dukungan antar keluarga besar Gojek.”

“Meskipun pandemi COVID-19 membawa kita masuk ke situasi penuh ketidakpastian, kami berharap berbagai inisiatif yang kami jalankan dapat mendukung keberlangsungan mitra driver Gojek. Dengan semangat gotong royong dan saling membantu, bersama kita bisa melalui masa krisis ini,” tutup Andre.

BACA SELANJUTNYA

Kurangi Kerumunan, GoShop Layani Belanja Online di 26 Pasar Rakyat Sleman