Kamis, 02 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 05 Mei 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Beredar postingan di Facebook yang mengklaim ada sebuah foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengenakan kemeja merah dengan logo palu arit.

Foto Presiden Jokowi yang diklaim mengenakan kemeja merah dengan logo palu arit ini dipostingkan oleh akun Facebook Rambo Tiger atau @rambo.tiger.7923.

Ia juga memberi narasi yang mengklaim bahwa Jokowi satu – satunya Presiden RI yang meminta maaf kepada PKI. Berikut ini narasinya.

“TERJAWAB SUDAH KENAPA JOKOWI SEORANG PRESIDEN MEMINTA MAAF KEPADA KELUARGA PKI KOMUNIS , DARI KEMERDEKAAN RI 1945 BELUM PERNAH SEORANG PRESIDEN RI MEMINTA MAAF KEPADA PKI , BARU JOKOWI , TERNYATA PERMAINAN POLITIK BAPAK MEMINTA MAAF KE PADA ANAK2 NYA, MALING TERIAK MALING ,”

Saat tangkapan layar diambil, unggahan akun Facebook Rambo Tiger telah mendapatkan 50 komentar dan 2 kali dibagikan.

CEK FAKTA, konten yang klaim Jokowi pakai kemeja merah berlogo palu arit (turnbackhoax.id)

 

Benarkah Jokowi memakai kemeja merah berlogo palu arit?

Penjelasan

Berdasarkan cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Senin (4/5/2020), unggahan akun Facebook Rambo Tiger yang mengklaim Jokowi memakai kemeja merah berlogo palu arit adalah salah atau keliru.

Foto aslinya diambil saat Jokowi kampanye sebagai Calon Presiden 2014 di Lapangan Mulyorejo, Malang, Jawa Timur, Minggu, 30 Maret 2014.

Foto yang diunggah akun Facebook Rambo Tiger mempunyai kemiripan dengan foto karya Jurnalis Liputan6.com, Herman Zakaria. Foto Herman Zakaria dapat dilihat pada artikel bertajuk “Di Rakernas PDIP, Jokowi akan Pidato Sebagai Kader dan Presiden” dengan keterangan “foto Jokowi hadiri kampanye PDIP di Malang, Jatim (Herman Zakharia/Liputan6.com).”

Terdapat beberapa bagian yang sama antara foto di unggahan akun Facebook Rambo Tiger dan foto karya Herman Zakaria.

Pertama, Presiden Jokowi sama-sama memakai kemeja merah dengan bagian lengan yang dilipat sebagian.

Kedua, Presiden Jokowi memegang dua mic yang di bagian leher mic terdapat lingkaran berwarna merah dan di ujung bawah bagian mic berwarna biru.

Ketiga, selain memegang mic Presiden Jokowi juga terlihat memegang secarik kertas di tangan kiri.

Penjelasan CEK FAKTA, Foto Jokowi yang asli saat kampanye tahun 2014 (turnbackhoax.id)

Hanya satu hal yang berbeda, di unggahan akun Facebook Rambo Tiger terdapat logo palu arit di bagian dada kemeja Presiden Jokowi.

Padahal dalam foto karya Herman Zakaria, di bagian dada sebelah kanan pada kemeja Jokowi adalah bed merah putih.

Kuat dugaan foto dalam unggahan akun Facebook Rambo Tiger adalah hasil penyuntingan atau editing. Bukti lain terdapat pada video Youtube yang menampilkan Presiden Jokowi memegang dua mic dan kertas di tangan kirinya.

Video dari Liputan 6 itu ditayangkan akun MultiDimensi dengan judul “Kampanye Jokowi Di Kota Malang, Jawa Timur” pada 1 April 2014.

Sementara itu, soal narasi akun Facebook Rambo Tiger yang mengklaim Presiden Jokowi adalah satu-satunya Presiden RI yang meminta maaf kepada PKI adalah salah.

Pada tahun 2015 dan 2016, Presiden Jokowi telah menyatakan bahwanya dirinya tidak mempunyai pikiran dan rencana meminta maaf kepada PKI.

Diketahui Polri juga pernah mengamankan pelaku penyebar isu Presiden Jokowi akan meminta maaf kepada PKI pada tahun 2015.

Kesimpulan

Foto yang diunggah akun Facebook Rambo Tiger diduga merupakan hasil penyuntingan. Narasi yang ditulisnya juga tidak terbukti.

Jadi, hasil cek fakta pada unggahan akun Facebook Rambo Tiger termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi atau Manipulated Content. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Referensi

https://www.liputan6.com/news/read/2407898/di-rakernas-pdip-jokowi-akan-pidato-sebagai-kader-dan-presiden

https://nasional.kompas.com/read/2016/06/27/21322291/jokowi.tidak.ada.rencana.dan.pikiran.saya.minta.maaf.kepada.pki

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Ada Ular Makan Senapan Jenis AK-47?