Selasa, 07 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 04 Mei 2020 | 09:51 WIB

Hitekno.com - Netizen dibuat kaget sekaligus marah setelah mengetahui tingkah salah seorang YouTuber yang justru membagi sembako berisikan sampah dan batu bata pada transpuan. Di masa pandemi yang membuat banyak orang kelaparan, video prank sembako berisi sampai langsung menuai kecaman.

Sebelumnya channel YouTube Ferdian Paleka mengunggah video yang mengungkapkan aksinya membagi sembako kepada transpuan atau waria.

Video prank ini diunggah ke kanal YouTube Ferdian Paleka pada hari Minggu (3/5/2020).

"Jadi di sini kita mau bagi-bagiin. Jadi gini, kita mau mensurvei dulu bencong yang di pinggir jalan apakah bulan puasa ini mereka juga ada atau enggak gitu. Jadi yang belum tahu ini isinya apa? Batu-batu, nanti dilihat saja videonya pas kita masuk-masukin batu dan sampah-sampah," kata YouTuber tersebut dalam video berdurasi 12.11 menit.

Membalas video tersebut, akun Twitter @kamalbukankemal membuat thread yang menginisiasi netizen untuk melakukan report besar-besaran pada channel YouTube Ferdian Paleka.

Channel YouTube Ferdian Paleka menjadi sasaran amukan netizen. (Twitter/ kamalbukankemal)

 

"Manteman, boleh minta bantuannya untuk report video ini? Youtuber atas nama FERDIAN PALEKA secara sadar dan sengaja membuat prank dengan memberikan box mie instan kepada transpuan atau waria yang berisikan BATU BATA & SAMPAH. Satu report dari kalian sangat berarti untuk memberangus akun ini," kata akun Twitter @kamalbukankemal.

Thread yang dibagikan viral di Twitter setelah mendapatkan lebih dari 10 ribu Retweet dan 17 ribu Like.

"Kalau nggak suka LGBT karena larangan dalam agama kalian, ya nggak papa. Tapi tolong, hargai juga dia sebagai manusia, terlebih ini lagi masa pandemi. Kebayang nggak, dia balik ke rumah dengan wajah sumringah dan perut lapar, sembari mendoakan kebaikan kalian, tapi pas dibuka? Otakmu di mana?" tambah @kamalbukankemal.

Channel YouTube ferdian paleka panen puluhan ribu Dislike. (YouTube/ ferdian paleka)

 

The power of netizen, mereka langsung beramai-ramai menghujat serta memberikan Dislike pada channel YouTube bernama "Ferdian Paleka".

Video prank terhadap transpuan sudah dihapus, namun netizen tetap menghujat video lain yang diunggah oleh channel YouTube tersebut.

Bahkan video berjudul "PALEKA PRESENT GAK BISA UPLOAD 2 MINGGU" yang diunggah pada tanggal 27 April 2020 langsung mendapatkan 32 ribu Dislike dari netizen.

Waria pelapor Youtuber Ferdian Paleka. (Suara.com/ Cesar Yudistira)

 

Dikutip dari Suara.com, setelah kasus ini viral, empat orang waria yang menjadi korban dari Ferdian Paleka melapor ke polisi. Empat waria yang menjadi korban prank Ferdian, melaporkan apa yang menimpa mereka ke Satreskrim Polrestabes Bandung pada hari Senin (4/5/2020) dini hari.

Tak sampai di situ, kolom komentar dari channel YouTube Ferdian Paleka langsung panen hujatan dari netizen.

"Hancur karir lu! Miskin semiskin-miskinnya. Mulai pikirin besok makan apa ya, pikirin juga bapak di rumah. Jangan sampai dikasih sampah juga buat makan," kata Izzy Stephanie.

"Miskin attitude banget ya lu. Semoga lu dapat pembalasannya," komentar Baby Sharks.

"Mending lu nggak usah bagi-bagi kalo nggak ada uang c*k, daripada bagi-bagi tapi isinya sampah kayak muka lu!" balas Rip Ster.

Hingga artikel ini ditulis, masih banyak netizen yang melakukan report sekaligus memberikan Dislike pada YouTuber yang memberikan sembako berisi sampah kepada transpuan atau waria tersebut.

BACA SELANJUTNYA

Liburan Virtual, Serunya Travel YouTuber Keliling Dunia Lewat Zoom