Kamis, 02 Juli 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 03 Mei 2020 | 13:49 WIB

Hitekno.com - Para pelanggan Tokopedia dihimbau untuk mengganti password atau kata sandi sejak beredar informasi bocornya data pelanggan di situs e-commerce tersebut. Bagi kamu pemilik akun Tokopedia yang akan mengganti password akun Tokopedia, berikut cara mudah yang bisa kamu ikuti. 

Pertama, buka situs (versi web) atau aplikasi Tokopedia dan masuk (login) ke akun Anda.

Selanjutnya, pilih tab " Akun" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon "Pengaturan". Kemudian tinggal pilih menu "Akun" dan klik menu "Kata Sandi".

Pada tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang didaftarkan saat awal registrasi dan klik tombol "Hapus".

Namun jika dirasa masih kurang aman, Anda juga bisa mengaktifkan fitur keamanan ekstra lainnya melalui verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA).

Ketika fitur ini aktif, pengguna harus memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem. Namun untuk mengaktifkannya, Anda wajib mengunduh aplikasi Google Authenticator.

Perusahaan keamanan siber Israel, Under The Breach. [Twitter]

Seperti dketahui, akun Twitter @underthebreach melaporkan bahwa jutaan data pelanggan Tokopedia telah diperjualbelikan di forum dark web.

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak mengakui bahwa pihaknya menemukan adanya upaya pencurian data pengguna. Untuk menghindari peretasan data, ia pun mengimbau kepada para pelanggan untuk mengganti kata sandi alias password akun Tokopedia mereka secara berkala.

"Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujarnya.(Suara.com/Tivan Rahmat)

BACA SELANJUTNYA

Surat Bebas COVID-19 Dijual Bebas, Bukalapak dan Tokopedia Buka Suara