Senin, 01 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 30 April 2020 | 11:36 WIB

Hitekno.com - Beredar kabar yang mengklaim kalau putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka menyalahkan warga karena tak mau mematuhi aturan pemerintah sehingga virus corona merebak.

Klaim tersebut diunggah oleh akun Facebook Purnomo Sastrodiharjo II pada 24 April 2020. Ia juga menyertakan link ke portal media Suaranasional dengan judul artikel "Corona Merebak, Gibran Salahkan Warga Tak Patuhi Aturan Pemerintah."

Berikut narasi dalam artikel tersebut:

Banyaknya warga yang terkena virus corona baru (Covid-19) karena tidak mengikuti aturan pemerintah seperti menghindari kerumunan, tidak mudik lebih dulu.

“Apabila kita semua patuh dengan berbagai anjuran pemerintah dan tenaga ahli, Insya Allah wabah ini segera usai dan aktivitas akan normal kembali,” kata Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dalam sebuah video di Solo, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2020).

Kata Gibran, untuk menghindari tersebarnya virus corona, meminta warga yang ada di perantauan tidak mudik dulu.

“Bagi teman-teman yang sedang berada di perantauan mohon menahan diri untuk tidak mudik terlebih dahulu. Karena kita tak tahu, jangan-jangan kita adalah OTG (Orang Tanpa Gejala),” ungkapnya.

Begitu juga apabila mengalami gejala corona, Gibran mengimbau mereka jujur saat diperiksa.

“Maka dari itu, di bulan suci Ramadhan ini mari kita tekan ego masing-masing untuk ikhlas menjalani berbagai imbauan untuk kebaikan bersama,” sambung suami Selvi Ananda.

Di sisi lain, Gibran mengungkapkan, ibadah puasa Ramadhan 1441 H/2020 M sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sebab, ibadah puasa tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi wabah virus corona.

Dia menilai wabah virus corona tersebut adalah ujian bagi umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

“Namun, esensi dari puasa bukan sekadar menahan haus dan lapar. Tapi kita harus memupuk rasa gotong royong dan kepeduluan terhadap sesama terlebih pada saat ini,” ucap Gibran.

Benarkah klaim tersebut?

Benarkah Gibran menyalahkan warga karena tak patuhi aturan corona? (Turnbackhoaks.id)

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (29/4/2020), klaim dalam artikel tersebut tidak benar.

Portal media Suaranasional menyadur artikel dari media Kompas.com yang berjudul 'Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai' yang tayang pada 24 April 2020.

Artikel pada Suaranasional menyalin isi artikel Kompas.com namun mengubah judulnya menjadi 'Corona Merebak, Gibran Salahkan Rakyat Tak Patuhi Aturan Pemerintah'. Selain itu, media tersebut mengambil foto artikel dari Detik.com dengan judul artikel 'NasDem Ungkap Syarat Usung Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution' yang tayang pada 31 Desember 2019.

Fakta klaim Gibran menyalahkan warga karena tak patuhi aturan corona? (Turnbackhoaks.id)

Dalam artikel yang dimuat oleh Suaranasional tidak ada satupun pernyataan yang menyatakan Gibran menyalahkan rakyat karena tak mematuhi aturan pemerintah.

Dalam artikel tersebut berisi imbauan dari Gibran agar mematuhi aturan pemerintah sehingga bisa mencegah penularan virus corona.

"Apabila kita semua patuh engan berbagai anjuran pmerintah dan tenaga ahli, Insyaallah wabah ini segera usai dan aktivitas akan normal kembali," kata Gibran

Fakta klaim Gibran menyalahkan warga karena tak patuhi aturan corona? (Turnbackhoaks.id)

Kesimpulan

Berdasarkan cek fakta dan penjelasan di atas, klaim yang menyebutkan bahwa Gibran menyalahkan warga yang tak mau mematuhi aturan pemerintah adalah klaim yang salah. Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Kaesang Pernah Pakai Kaos Palu Arit?