Rabu, 03 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Senin, 27 April 2020 | 19:30 WIB

Hitekno.com - Sebuah kabar beredar mengklaim seorang perempuan bernama dokter Riza telah meninggal dunia karena infeksi virus corona baru COVID-19. Kabar ini jelas menggemparkan khalayak.

Kabar dokter Riza meninggal dunia tersebut tersebar secara berantai melalui pesan WhatsApp dan unggahan media sosial.

Salah satunya ditunjukkan lewat unggahan kanal YouTube Agen herbal berjudul "Dokter Riza Positif Covid19/ Virus Corona" belum lama ini.

Dalam video tersebut, terlihat wajah seorang wanita berjilbab jingga dan berkaca mata yang disebut-sebut sebagai Dokter Riza.

Benarkah Dokter Riza meninggal dunia karena jadi korban virus corona?

Informasi yang mengklaim Dokter Riza meninggal karena Covid-19. (dok. Hops.id)

 

Penjelasan

Hasil cek fakta dan penelusuran Hops.id -- jaringan Suara.com, kabar mengenai meninggalnya Dokter Riza dipastikan tidak benar.

Hal itu ditunjukkan oleh pengakuan seorang perempuan bernama Jenny Martinus yang mengomentari unggahan kanal YouTube Agen herbal.

Jenny Martinus mengklaim bahwa wajah wanita yang terpampang dalam video adalah dirinya, bukan Dokter Riza.

Perempuan yang berprofesi sebagai bidan di Padang, Sumatera Barat geram lantaran fotonya dicatut oleh oknum tak bertanggung jawab untuk menyebar informasi palsu.

Jenny Martinus menyebut dirinya memang kini tengah menjalani isolasi di RSUP M. Djamil Padang karena positif virus corona.

Namun dirinya menyesalkan tindakan manipulatif yang dilakukan pengunggah video. Untuk itu, ia menunggu iktikad baik dari oknum tak bertanggung jawab tersebut.

Berikut kometar lengkap Jenny Martinus

Mohon maaf admin… Ini video saya, saya Jenny Martinus, A. Md. Keb asal padang umur 29 tahun. Profesi saya bidan aebagai tenaga volunteer dinas kesehatan kota padang yang mengabdi di Puskesmas Pagambiran Kota Padang.  Mohon tindak lanjutnya atas video ini admin.

Saya masih hidup hingga saat ini, dan saya sedang menjalani isolasi di RSUP dr. M. Djamil Padang. Mohon bijak dalam bermedia sosial ya admin. Telusuri dulu kebenarannya baru post. Saya tunggu itikad baik dari anda. Karena pemberitaan ini membuat keluarga besar saya sedih…

Informasi yang mengklaim Dokter Riza meninggal karena Covid-19. (dok. Hops.id)

Selain itu, melalui akun Facebook pribadinya, Jenny Martinus juga sempat menujukkan kekesalannya atas kabar yang beredar.

Ia membagikan ulang bidikan layar video yang menampilkan wajahnya dengan tulisan "Dokter Riza Positif Corona Banyak Amalan Sholeh Jadi Terasa Semakin Sehat".

Unggahan tersebut kemudian dibubuhi narasi sebagai berikut:

"Gue bukan bidan lagi tapi dokter, dan nama gue bukan jenny lagi tapi Riza. Entah sejak kapan nyokap gur ngeganti nama gue yang super keren ini???"

Informasi yang mengklaim Dokter Riza meninggal karena Covid-19. (dok. Hops.id)

Video serupa juga sempat dibagikan oleh akun Facebook lainnya dengan narasi yang berbeda.

Kesimpulan

Kabar yang mengklaim Dokter Riza meninggal dunia karena positif virus corona adalah palsu atau hoaks. Hasil cek fakta, tidak ada kaitan antara foto dan narasi yang dibagikan sehingga masuk dalam kategori konten menyesatkan. (Suara.com).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Usia Diatas 50 Tahun Dilarang ke Mal saat New Normal?