Jum'at, 25 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 12 April 2020 | 18:15 WIB

Hitekno.com - Sistem belajar online dan kuliah online sudah lama diterapkan di berbagai negara sejak pandemi corona ini menyebar. Pasalnya tak boleh ada kegiatan satu pun yang melibatkan kerumunan demi mengurangi penyebaran virus tersebut, termasuk proses belajar mengajar.

Namun di balik kisah kuliah online, terdapat kisah memilukan dan bikin haru, yaitu curhatan seorang dosen.

Dalam curhatannya tersebut yang diunggah di akun @collegemenfess di Twitter, terlihat hampir separuh mahasiswanya yang memperhatikan kuliah online yang ia buat dengan susah payah.

Ia mengatakan, adanya pandemi ini membuatnya terpaksa membuat video dan penjelasan terkait materi serta menjalankan tugas sekalian menampung keluhan mahasiswanya.

Mahasiswanya sendiri banyak yang berkeluh kesah karena diberi tugas terus tanpa diberi penjelasan, namun sudah dilakukan namun tak ada yang menghargai.

Curhatan dosen kuliah online. (Twitter/@collegemenfess)

 

Dalam curhatannya tersebut ia sudah membuat video itu rekaman berulang-ulang karena selalu ada suara noise yang ikut terekam dan baru bisa rekaman malam sekitar jam 10 hingga 12 malam.

''Padahal, dosen yang banyak kekurangaannya ini bikin videi cuma ingin kasih penjelasan yang clear aja terkait materi. Bukan cari subscriber atau monetize. Tapi hanya menjalankan tugas dan menampung keluhan kalian yang suka bilang kasih tugas doang, ngasih kuliah enggak. Dan Inilah yang bisa saya lakukan walau tidak dihargai, Terima kasih dear mahasiswaku!''

Dari 47 mahasiswanya hanya 27 orang yang bersedia mengunduh materinya dan 25 orang yang melihat videonya dan hanya 20 orang yang bersedia cek ada tugas apa buat minggu depan.

Curhatan memilukan dosen ini lantas mendapatkan beragam komentar dari netizen di Twitter.

''Dosenku ada yang gaptek, dan selalu minta tolong aku buat apapun terkait daring, tapi beliau selalu nyoba belajar dan gka prnh nyerah, karena gak bisa daring, stepnya beliau tulis + difoto + di foto copy biar inget terus. Gitu masih ada aja mhs yang protes ini itu, kasian kadang.'' tulis salah satu netizen di Twitter.

''Sedih bacanya padahal udah seniat itu :( semangat terus ya pak dosen semoga sehat selalu!'' komentar lain dari netizen yang turut menyemangati.

''Sing sabar pak/bu dosen, semoga ilmunya berkah'' tulis komentar netizen lainnya.

Unggahan curhatan seorang dosen yang tak dihargai mahasiswanya saat kuliah online ini lantas viral dengan mendapatkan lebih dari 2,6 ribu retweets dan 5,8 ribu likes.

BACA SELANJUTNYA

Main Among Us, Pengakuan Pemain Ini Malah Bikin Bingung