Sabtu, 30 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Sabtu, 04 April 2020 | 17:30 WIB

Hitekno.com - Tiap orangtua pasti memiliki cara yang beda-beda dalam mendidik anak. Seperti ibu satu ini yang viral di media sosial karena beri harga untuk setiap tingkap laku anak.

Jika anak itu berbuat baik, maka ia akan mendapatkan sejumlah uang dari ibunya. Namun jika ia melakukan hal sebaliknya, sang ibu akan mengambil kembali uang tersebut.

Dibagikan kembali oleh akun Twitter @WidaNWP pada 1 April, pemilik akun membagikan beberapa gambar yang memperlihatkan beberapa kertas berisi daftar harga untuk setiap tindakan berbeda.

Postingan netizen aksi seorang ibu ke anaknya. [Twitter]

 

Pada kertas itu tertulis, "Cara dapetin uang dari mama". Adapun hal-hal yang dilakukan mulai dari sholat, menghabiskan makanan, mandi sendiri, memakai baju sendiri, menyisir rambut sendiri, mendengarkan ucapan mama, dan hafalan tahfidz akan mendapatkan uang masing-masing sebesar Rp 2 ribu.

Postingan netizen aksi seorang ibu ke anaknya. [Twitter]

Sementara kertas kedua memiliki tulisan berjudul, "Denda! Uangnya mama ambil". Nominal uang yang diambil masing-masing sebesar Rp 2 ribu jika sang anak menangis, tidak menghabiskan makanan, marah-marah, makan disuapin, dipakaikan baju, dan tidak mendengarkan ucapan mama.

Postingan netizen aksi seorang ibu ke anaknya. [Twitter]

Sedangkan kertas ketiga berisi daftar harga makanan yang dijual ibunya. Menariknya, menurut pengakuan ibunya, uang yang digunakan adalah uang palsu yang dibuat sendiri menggunakan potongan kertas dan spidol.

Postingan netizen aksi seorang ibu ke anaknya. [Twitter]

"Nemu di FB, tolong ini mamanya siapa kreatif abis gilak," tulis pemilik akun @WidaNWP dalam kolom keterangan.

Postingan netizen aksi seorang ibu ke anaknya. [Twitter]

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 10 ribu kali ke sesama pengguna Twitter, itu pun menuai beragam komentar dari netizen.

Beberapa netizen menilai cara ibu mendidik anak seperti yang viral di media sosial ini tidak baik.

"Saya pernah baca di artikel psikologi, sistem mendidik anak dengan reward and punishment seperti ini nggak baik, apalagi jika reward adalah hal wajar dalam kebaikan yang wajib dilakukan," tulis akun @risangpaksi.

"Saya berharap anaknya punya jiwa 'struggle and earn' bukan yang ngelakuin apa-apa untuk duit, ada value hardworknya, but this one is good," komentar @febrian_narabel.

"Mijet mama nggam dapet duit ? Dulu sih itu sumber penghasilan," tambah @BonawanSubianto.

"Kalau duitnya asli dia bisa ngumpulin Rp 31 ribu dalam sehari jika full jalanin semuanya, dengan catatan mandi 2 kali dan makan 3 kali sehari. Maka dia ngumpulin Rp 217 ribu dalam seminggu Rp 930 ribu dalam sebulan dan Rp 11,3 juta dalam setahun. Kita asumsikan dia melakukan itu dari awal umur 5 tahun," ungkap @khrsnaftw.

"Asli tante gue begini ke anaknya wkwk," cuit @bchtrs_.

Itulah cara ibu mendidik anak yang viral di media sosial karena memberi harga pada setiap tingkah lakuknya. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).