Sabtu, 30 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 April 2020 | 15:30 WIB

Hitekno.com - Tak semua masyarakat menyadari bahaya virus corona COVID-19. Masih saja ada yang asyik nongkrong, ada pula yang memang terpaksa keluar rumah mencari nafkah. Seperti penjual nasi goreng satu ini.

Sebuah video viral di media sosial menampilkan penyuluhan virus corona kepada masyarakat. Nampak ada seorang penjual nasi goreng ini ada dalam vidoe tersebut.

Dalam video viral berdurasi 27 detik yang dibagikan kembali oleh akun Twitter @yujii____ pada 1 April, terekam seorang lelaki berseragam TNI tengah menjelaskan kepada beberapa warga, salah satunya adalah penjual nasi goreng, tentang bahaya virus Corona.

Namun tak disangka, sambil menggoreng bahan dalam wajannya, penjual nasi goreng itu menanyakan sesuatu yang tak terduga. Ia bertanya pada jam berapa virus Corona berada di luar rumah.

"...harus cuci tangan karena virus tidak hanya melalui udara tetapi juga menempel di benda," ucap TNI dalam bahasa Jawa yang tengah memberikan pengetahuan kepada warga tentang virus Corona.

"Itu virus keluarnya jam berapa, pak?" tanya penjual nasi goreng tersebut.

"Ya... nggak jam berapa-berapa, yang penting orang yang dari zona merah, Jakarta, Surabaya, Gresik juga zona merah," jawab TNI itu.

Penyuluhan virus corona. (Twitter/ yujii____)

 

Pertanyaan tak terduga dari penjual nasi goreng itu pun menarik perhatian warganet. Kemungkinan penjual itu berpikir bahwa virus Corona menyebar pada jam-jam tertentu dan ia harus mengindarinya agar bisa tetap berjualan pada jam lain di mana virus tidak keluar.

Namun menurut penelitian, masa hidup virus Corona di udara dapat bertahan hingga 3 jam, 24 jam pada permukaan kardus, dan 2 hingga 3 hari pada plastik dan stainless steel.

"Bayangkan kamu jadi bapak TNI. Ditanya, 'Virus Corona keluarnya jam berapa?'," cuit pemilik akun @yujii____ dalam kolom keterangan.

Unggahan yang telah ditonton sebanyak lebih dari 24 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 588 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari netizen hingga viral di media sosial.

"Kalau tau jam keluarnya mau dibikin nasi goreng apa gimana?" tulis akun @maspip__.

"Nggak mikirin virus, yang penting ngegoreng," komentar @ArifIskandarr.

"Wkwk ngakak dong," tambah @kopimanishitam,

"Ngakak. Lancar terus pak rezekinya. Itu pertanyaannya polos banget, jadi takut ditipu orang," ungkap @susideasw.

"Kesabarannya pak TNI level dewa," cuit @junirachmatp.

Itulah video viral di media sosial yang menampilkan betapa polosnya penjual nasi goreng bertanya saat penyuluhan virus corona berlangsung. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).