Rabu, 27 Mei 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Kamis, 02 April 2020 | 13:45 WIB

Hitekno.com - Eks Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen (Purnawirawan) Johannes Suryo Prabowo membuat postingan terkait pandemi virus corona COVID-19. Menurutnya, siapa yang sebenarnya jadi garda depan dalam melawan pandemi ini.

Suryo Prabowo mengunggah video yang menampilkan pernyataan dr. Michelle Au, ahli medis dari Emory St. Joseph's Hospital, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Dalam video itu, Dokter Michelle menerangkan bahwa sejatinya masyarakatlah yang menjadi garda terdepan dalam perang melawan virus corona, bukan para petugas medis.

Pesan Dokter Michelle tersebut lantas dijabarkan kembali oleh Suryo Prabowo melalui narasi unggahannya.

Ia mengajak masyarakat supaya tak gentar menjadi garda depan perang melawan corona. Sebab, bila masyarakat lengah, akan membuat kewalahan para tenaga medis.

"Dalam perang melawan virus corona kita yang harus di "depan", bukan dokter. Dokter dan paramedis "bertahan" di "belakang" habis-habisan bila kita yang berperang di depan ini kalah," tulis Suryo Prabowo seperti dikutip Suara.com, Selasa (4/2/2020).

Ia lantas menerangkan maksud perang garda terdepan melawan virus corona. Tak lain yakni masyarakat wajib menjaga keselamatan diri dengan bertahan di rumah dan menjaga kebersihan demi menghindari penularan virus corona.

Unggahan Suryo Prabowo soal garda depan lawan corona. (Instagram/@suryoprabowo11)

 

"Kita berperang digaris depan dengan cara #dirumahaja menjaga kebersihan dan menjaga jarak agar tidak terjadi penularan," imbuhnya.

Menurut Suryo Prabowo, upaya tersebut perlu dilakukan masyarakat, lantaran hingga kekinian belum ditemukan vaksin untuk menangkal virus corona.

"Ingat, sampai sekarang belum ada vaksin dan obat-obatan yang dibuat khusus untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit akibat virus corona," tulis Suryo Prabowo, memungkasi.

Hasil pantauan Suara.com, sejak dibagikan unggahan Suryo Prabowo telah disaksikan lebih dari 41 ribu kali.

SBY: Jika Vaksin Segera Ditemukan, Manusia Dunia Akan Selamat dari Corona

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berharap vaksin untuk virus corona tersebut segera ditemukan.

Pernyataan itu disampaikan SBY melalui akun Twitter terverifikasi miliknya, Selasa (31/3).

Mulanya, ia menyinggung perihal komitmen para pemimpin dunia dalam penanggulangan Covid-19 yang disampaikan dalam pertemuan G-20 dan G-7 belum lama ini.

"Bulan Maret 2020 sudah ada "summit" & komitmen para pemimpin dunia (G-20 & G-7) untuk melakukan kerja sama tanggulangi pandemi Covid-19 & selamatkan ekonomi global," cuit SBY seperti dikutip Suara.com, Rabu (1/4).

SBY lantas berharap para ilmuan dan peneliti kesehatan di dunia bersinergi untuk segera menemukan dan memproduksi vaksin Covid-19. Selain meningkatkan layanan kesehatan sebagai kunci untuk menyelamatkan dunia.

"Jika vaksin dapat segera ditemukan & digunakan secara massal, manusia sedunia akan selamat dari tragedi besar ini," tambahnya.

Itulah postingan Suryo Prabowo yang menyebut kita sebagai garda depan saat melawan pandemi virus corona ini dengan tetap di rumah mengindari penularan. Dokter dan tim medis sebagai pertahanan terakhir. (Suara.com).