Kamis, 02 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 31 Maret 2020 | 11:00 WIB

Hitekno.com - Alat Pelindung Diri (APD) jadi peralatan yang sedang dibutuhkan para tenaga medis dalam menangani pasien yang terinveksi virus corona COVID-19. Namun siapa sangka cara pakai APD tidak semudah memakai baju.

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) memperingatkan tenaga medis yang menangani pasien dengan infeksi Covid-19 untuk selalu menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Dilansir dari Alodokter, mengenakan APD saat bekerja merupakan bentuk pencegahan dan dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit serius terkait pekerjaan.

Terkait hal ini, viral sebuah video yang memperlihatkan bagaimana dokter di China mempersiapkan diri mereka sebelum menangani pasien terinfeksi virus corona COVID-19.

Dalam video yang disebarkan oleh akun @med_life di Instagram pada Minggu (29/3/2020) kemarin, terlihat beberapa tenaga medis sedang mengenakan APD.

Tenaga medis memakai APD (Instagram/med_life)

 

Pertama-tama, tenaga medis yang merekam video terlihat merekatkan selotip bening di tulang hidung dan di bawah kedua matanya untuk melindungi kulit bergesekan dengan masker N95, kacamata pelindung, dan penutup kepala.

Setelah itu, ia mulai mengenakan sarung tangan lateks berwarna putih, lalu dilanjutkan memakai baju hazmat putih.

Tidak sampai di situ saja, ternyata mereka harus menggunakan masker bedah pada bagian luar serta sarung tangan lateks biru. Hingga akhirnya mereka menggunakan pelindung kaki.

"Video ini menunjukkan pada kalian berapa banyak lapisan pelindung yang harus melindungi mereka setiap hari dari virus corona. Lindungi kelompokmu dengan tetap tinggak di rumah dan menjaga jarak sosial," tulis med_life dalam unggahannya.

Unggahan ini pun ramai mendapat tanggapan dari netizen.

"Berkatilah mereka," tulis salah seorang netizen.

"Banyak hal yang harus dilalui! Terima kasih Tuhan bagi semua dokter dan perawat di luar sana yang berusaha menyelamatkan kehidupan. Semoga mereka aman," ujar netizen lain.

"Sangat berdedikasi. Ini menajubkan!," tulis netizen, kagum.

Itulah susahnya dokter dan para tenaga medis dalam mengenakan APD sebelum menangani pasien virus corona COVID-19. Bukan cuma berlapis-lapis, namun cara pakai APD juga ribet. (Suara.com/ Rosiana Chozanah).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Dokter Telanjang karena Stres Suami Kena Corona?