Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 29 Maret 2020 | 14:00 WIB

Hitekno.com - Beredar kabar tak mengenakkan di media sosial yang mengklaim jenazah ibunda Presiden Jokowi naik ke permukaan di tempat pemakaman.

Konten ini beredari di media sosial lewat sebuah grup Facebook, dikirim oleh akun bernama Adam Song.

Berikut isi postingan yang mengklaim jenazah ibunda Jokowi naik ke permuakaan:

"Mayat mamak palsu Jokowi kagak diterima bumi, pas dibenamin dalam kubur nongol lagi ke permukaan tanah. Ini mayat kok macam ikan sapu-sapu ya," tulis Adam Song di grup Facebook Manusia Merdeka.

Unggahan itu juga disertai foto mayat dalam kafan yang naik ke permukaan.

Hoaks jenazah Ibunda Jokowi naik ke permukaan (Turnbackhoax.id).

 

Namun, apakah informasinya dapat dipercaya?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com pada Minggu (29/3/2020), dapat dipastikan bahwa kabar yang beredar di Facebook tersebut tidak benar alias kabar hoaks.

Pasalnya, foto yang disertakan dalam unggahan tersebut merupakan foto sebuah makam di Pontianak, Kalimantan Barat yang rusak karena tekstur tanah sangat lembek dan terendam air.

"Post yang dibagikan oleh sumber membagikan foto peristiwa tahun 2017 mengenai mayat yang timbul dari tanah kuburan, terjadi karena struktur tanah yang lembek," demikian tulis Turnbackhoax.id.

Memang benar bahwa jenazah tersebut naik ke permukaan akibat struktur tanah yang lembek dan tergerus air.

Namun, makam tersebut milik orang lain dan jenazah yang dimaksud bukan jenazah almarhumah Sudjiatmi Notomihardjo, Ibunda Jokowi.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas maka bisa dipastikan bahwa kabar mengenai jenazah ibunda Jokowi yang naik ke permukaan adalah kabar hoaks.

Unggahan tersebut diolah dari foto milik orang lain dan narasi yang digunakan tak dapat dipertanggungjawabkan sehingga menghasilkan informasi yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fakta dari postingan yang mengklaim jenazah ibunda Jokowi naik ke permukaan usai dimakamkan, yang ternyata kabar hoaks. (Suara.com/ Ruhaeni Intan).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Campuran Air Garam Dapat Hilangkan Virus Corona?