Senin, 25 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Minggu, 29 Maret 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Kabar baik baru saja datang dari negeri gingseng, Korea Selatan yang berbaik hati memprioritaskan Indonesia sebagai tujuan ekspor test kit corona. Karena niatan baik dari negara dengan bintang-bintang idol-nya ini, netizen Indonesia siap melakukan balas budi.

Korea Selatan selaku negara yang memproduksi test kit corona memutuskan melakukan ekspor pada beberapa negara yang menjadi prioritas. Beberapa negara tersebut antara lain Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA), dan Indonesia.

Keputusan Korea Selatan ini disampaikan langsung oleh pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Jumat (27/3/2020) lalu usai pertemuan tim antarlembaga.

Menyambut niat baik negara yang terkenal dengan Kpop ini, netizen Indonesia lalu memberikan berbagai komentar. Beberapa di antaranya langsung menyampaikan kesiapannya untuk segera membalas budi pada Korea Selatan.

Cukup unik, seorang netizen telah siap melakukan balas budi pada Korea Selatan dengan menonton drama Korea. Seperti yang diketahui, selain terkenal dengan deretan idol tampan dan cantik, Korea Selatan juga memiliki berbagai drama yang menyenangkan jika diikuti.

Korea Selatan ekspor test kit corona ke Indonesia. (twitter/JuliyanasMega)

 

''Sebagai balasannya, saya akan mulai nonton drama Korea'' ungkap pemilik akun @VLelono.

Terharu mendapat bantuan dari Korea Selatan, seorang netizen berjanji untuk membela para Kpopers jika ada yang mengganggu kelompok penggemar boyband dan girlband Korea Selatan ini.

''Sangat terharu ya Allah, bener-bener terharu, kirain Indonesia nggak dapat. Gue akan belain para Kpopers mulai sekarang, kabari gue ya cing kalau ada yang toxic ke kalian'' tulis akun @Popopokarimu.

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

 

Mengenai alasan Korea Selatan memprioritaskan Indonesia dalam ekspor test kit corona ini adalah karena Indonesia merupakan negara mitra utama untuk Kebijakan Baru ke Arah Selatan atau New Southern Policy.

Kebijakan ini merupakan politik luar negeri Korea Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan Korea Selatan dan 10 negara anggota ASEAN lainnya.

Belum diketahui dengan pasti kapan eksport test kit corona ini akan dikirimkan oleh Korea Selatan ke Indonesia. Mengingat wabah virus corona masih berlangsung, kemungkinan hal tersebut akan dilakukan secara bertahap.