Jum'at, 14 Agustus 2020
Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita : Jum'at, 27 Maret 2020 | 12:36 WIB

Hitekno.com - Media sosial sempat dibuat geger dengan unggahan yang mengklaim ada bayi baru lahir menyebut kalau makan telur rebus mencegah penularan virus corona COVID-19.

Unggahan tersebut viral di media sosial dan menjadi perbincangan di kalangan netizen. Salah satunya dibagikan oleh akun Facebook La Maddukellieng belum lama ini.

Akun Facebook tersebut membagikan video sekumpulan orang yang tengah berebut telur.

Mereka mengerubungi mobil pikap yaag menjual telur di pinggir jalan. Setelah menyodorkan uang, orang-orang itu beranjak membawa satu rak telur.

Sementara dalam narasi unggahannya, akun La Maddukellienh menuliskan mengenai kejadian tersebut

"Bayi baru lahir bisa bicara katanya makan telur tengah malam bisa menangkal virus corona, dalam hitungan menit telur habis terjual. Berita Hoax dipercaya pemerintah dan ulama diabaikan #hoax3 #imanandadiuji," demikian tulisnya seperti dikutip Suara.com, Kamis (26/3/2020).

Bidikan layar unggahan itu kemudian ramai dibagikan ulang di jejaring Instagram, seperti akun @lambe_turah.

Unggahan soal warga berebut telur rebus. (Instagram/@lambe_turah).

 

Namun, belakangan diketahui informasi yang mengklaim bayi baru lahir berkata makan telur bisa mencegah virus corona adalah palsu.

Klarifikasi Penyebar Informasi

Setelah berita tersebut viral di media sosial, akun Facebook Michye Masela Fatlolona memberikan klarifikasi. Ia mengaku sebagai orang yang pertama membagikan informasi yang beredar.

Ia mengaku tak berniat menyebar berita hoaks, sebab unggahannya tersebut diperoleh dari akun lain. Apalagi, pihak berwenang diketahui telah memberikan pernyataan mengenai informasi tersebut.

Untuk itu, Michye Masela Fatlolona menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak atas kegaduhan yang terjadi lewat unggahan berikut ini.

Unggahan soal warga berebut telur rebus. (Instagram/@lambe_turah).

Saya cara pribadi dengan ini menyampaikan klarifikasi dan permohonan maaf atas postingan/tulisan di akun medi sosial saya pukul 22.10 (Facebook) dengan nama: Michye MaseLa Fatlolona.

Sebelumnya saya tidak bermaksud untuk menyebar berita hoax, hanya berdasarkan informasi yang saya dapat dari status muzizat telur yang saya buat...Ternyata berita itu bohong belaka sudah diklarifikasi pihak RS Saumlaki

Maka dengan ini saya sampaikan permohonan maaf apabila postingan tersebut membuat orang banyak menjadi panik. Ttd: Michye Masela Fatlolona.

Hasil penelusuran Suara.com, kekinian akun Facebook Michye Masela Fatlolona telah menghilang.

Itulah postingan yang mengklaim ada bayi baru lahir sebut makan telur rebus bisa mencegah penularan virus corona COVID-19. Yang ternyata kabar hoaks. (Suara.com).

Catatan dari Redaksi:
Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 1,5 m persegi, dan tetap tinggal di rumah kecuali keperluan mendesak seperti berbelanja atau berobat. Bersama-sama, kita bisa mengatasi pandemi Coronavirus Disease atau COVID-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCOVID-19

Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal Virus Corona COVID-19, silakan hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119

BACA SELANJUTNYA

Ganti Semua Wallpaper HP di Gerai, Bocah Ini Bikin Netizen Ngakak