Minggu, 29 Maret 2020

Monitoring 24 Jam, XL Axiata Tak Mau Kecewakan Anak Sekolah dan Pemerintah

XL Axiata membentuk semacam taskforce agar terjaga lintas kita untuk menjaga lonjakan trafik yang tidak diprediksi.

Dinar Surya Oktarini
cloud_download Baca offline
Media update terkait lonjakan trafik XL Axiata. (XL Axiata)
Media update terkait lonjakan trafik XL Axiata. (XL Axiata)

Hitekno.com - Selama sepekan PT XL Axiata mencatat adanya lonjakan trafik data yang signifikan sepanjang sepekan masyarakat menerapkan bekerja dan belajar dari rumah sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona COVID-19

Data dari pusat pemantauan jaringan Customer Experience and Service Operation Center menunjukkan kenaikan cukup tajam yaitu rata-rata sebesar 10% dibandingkan hari normal pada trafik penggunaan seluruh layanan data dalam cakupan nasional.

Akses ke aplikasi-aplikasi penunjang kerja dan belajar dari rumah menjadi favorit pelanggan, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 48%. Sementara itu, berdasarkan lokasi, Jabodetabek mencatat kenaikan trafik sebesar 6%.

Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, “Di luar Lebaran dan Natal/Tahun Baru, ini adalah kenaikan trafik data yang tertinggi. Kenaikan trafik tertingginya mencapai 15% dibanding hari biasa. Pemicunya terutama adalah akses ke layanan data penunjang bekerja dan belajar dari rumah.''

Layanan data yang paling tinggi kenaikannya berturut-turut menurut jenisnya adalah Ruang Guru 48%, Netflix 46%, Facebook 11%, Whatsapp 10% dan Mobile Legend 8%. Khusus aplikasi-aplikasi yang mendukung bekerja dan belajar dari rumah, selain Ruang Guru, kenaikan trafik yang tinggi juga terjadi pada Google Classroom 2.354%, Brainly 84%, Zenius 54%, dan Udemy 44%.

Media update terkait lonjakan trafik XL Axiata. (XL Axiata)
Media update terkait lonjakan trafik XL Axiata. (XL Axiata)

 

Melalui media update live streaming XL Axiata, I Gede Darmayusa juga mengatakan jika ''Antisipasi XL saat ini adalah XL memiliki monitoring 24 jam, kita juga membentuk semacam taskforce agar terjaga lintas kita yang sudah upgrade 1000 site di Jabodetabek karena lonjakan trafik yang selama ini tidak kita prediksi'' ujarnya dalam live streaming, Senin (23/3/2020).

Untuk update mengenai kebijakan pemerintah Work from Home dan belajar dari rumah, XL terus memantau patern harian bahkan setengah harian pengguna XL. 

''Lonjakan trafik yang terjadi di masyarakat adalah banyak anak-anak sekolah. Kita tidak mau mengecewakan mereka ini himbauan pemerintah.'' tambah I Gede Darmayusa.

Tak hanya layanan belajar dan aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari rumah, XL Axiata juga mencatat kenaikan trafik pada layanan percakapan instan seperti WhatsApp yang mengalami kenaikan trafik sebesar 10%, LINE 1%dan Telegram 12%.

Selama berada di rumah melakukan social distance, masyarakat dan pelanggan juga mengakses sejumlah layanan penyediaan hiburan seperti gim yang trafiknya naik sebesar 6% dan streaming film (Netflix, Hooq) 38%.

XL Axiata juga menyampaikan melalui media update tersebut apabila fokus utama XL di tengah pandemi virus corona COVID-19 ini adalah menjaga jaringan agar bisa melayani pengguna dengan baik dan komunikasi tetap lancar.

Terkait

Terkini