Senin, 28 September 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 22 Maret 2020 | 18:00 WIB

Hitekno.com - Virus corona yang jadi penyebab wabah COVID-19 telah masuk ke Indonesia. Di saat seperti ini, netizen merindukan sosok almarhum Sutopo Purwo Nugroho.

Almarhum Sutopo Purwo Nugroho yang dulu menjabat Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB dianggap sebagai humas yang baik.

Kerinduan netizen pada sosoknya tersebut disampaikan oleh penulis filsafat dan keagamaan Habib Husein Ja'far Hadar di tengah pandemi virus corona COVID-19.

"Malam ini, ingatan saya tiba-tiba terlempar ke alm. Pak Sutopo. Kalian ingat?" tulis Habib Husein melalui unggahan di akun Twitternya, Sabtu (21/3/2020).

Baginya, Sutopo adalah sosok yang selalu gesit memberikan info saat terjadi bencana.

"Kepala Pusat Data Informasi & Humas BNPB yang selalu gesit beri info ketika bencana," imbuh Habib Husein.

Ia juga merasa Sutopo Purwo Nugroho merupakan orang yang bersahaja. Situasi saat bencana wabah corona ini membuat Habib Husein rindu dengan sosok tersebut.

"Sosok bersahaja penuh senyum. Di tengah bencana corona ini, kami rindu Bapak. Mari doakan Beliau. Lahul Fatehah!" ujar Habib Husein.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/ Chyntia Sami)

 

Banyak netizen yang setuju dengan pernyataan Habib Husein Ja'far ini. Unggahannya mendapat lebih dari 23 ribu likes dan 8.200 retweet pada Minggu (22/3/2020) siang.

"Dulu kalau ada bencana dan cari info yang valid pasti langsung ke akunnya pak Sutopo. Semoga tenang di alam sana pak. Alfatihah," tulis @arisprasetyo07.

"Betul bib. Beliau akan selalu dikenang di kala ada wabah dan bencana. Humas sejati!" komentar dari @ddtjahjanto.

"Sama Bib, saya juga teringat beliau di tengah-tengah kondisi seperti ini," tulis @haidar_alfianti.

Untuk diketahui, Sutopo Purwo Nugroho wafat di Rumah Sakit Modern Guangzhou, China, karena kanker paru-paru, Minggu (7/7/2019).

Kematian Sutopo yang dikenal sebagai sosok berdedikasi tinggi untuk memberikan kabar pasti soal bencana alam, turut menjadi perhatian media-media internasional.

Sosok Sutopo dirindukan saat Indonesia dilanda bencana corona (twitter/@Husen_Jafar)

 

Tidak hanya para pejabat dan netizen yang mengucapkan bela sungkawa atas meninggalnya Sutopo Purwo Nugroho.

Penyanyi Raisa Andriana juga turut terkenang momennya saat bertemu Sutopo. Menurutnya, meski baru mengenal sosok Sutopo secara singkat, kesan mendalam telah ia dapatkan.

"Dan yang pasti semua orang mendoakan beliau, saya juga mendoakan beliau dan semoga (Sutopo) ditempatkan yang terbaik, semua keluarganya tabah dan ikhlas," ujar Raisa.

Keramaian netizen di saat pandemi virus corona merindukan pada sosok almarhum Sutopo Purwo Nugroho. (Suara.com/ Rifan Aditya).

BACA SELANJUTNYA

Cara Makan Pecel Lele Ala Drama Korea Ini Bikin Netizen Tepok Jidat