Rabu, 25 November 2020

Sepi Order karena Virus Corona, Netizen Ajak Beli Makanan Lewat Driver Ojol

Tak sedikit netizen mengajak orang lain, untuk membantu para penjual penjual makanan dan driver ojol dengan melakukan pemesanan lewat layanan GoFood ataupun GrabFood.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi driver Ojol. (Suara.com/Ema Rohimah)
Ilustrasi driver Ojol. (Suara.com/Ema Rohimah)

Hitekno.com - Pemerintah mengimbau masyarakat agar melakukan aktivitas di rumah saja, guna pencegahan virus corona COVID-19 di Indonesia. Hal ini ternyata berimbas pada order makanan di driver ojol.

Beberapa driver ojol dilaporkan telah mendapatkan penurunan order makanan. Netizen pun ikut khawatir dengan kondisi driver ojol.

Tak sedikit netizen yang mengajak orang lain, untuk membantu para penjual penjual makanan dan ojol dengan melakukan pemesanan lewat layanan GoFood ataupun GrabFood.

Seperti yang dilakukan oleh netizen Twitter dengan akun @mrshananto yang membagikan tangkapan layar isi pesan dalam aplikasi Gojek pada 18 Maret.

Diketahui bahwa suaminya melakukan pembelian makanan lewat GoFood, namun makanan tersebut tidak perlu diantar ke alamat pemesan. Sebaliknya, ia memberikan makanan pesanannya untuk ojol tersebut.

Tangkapan layar chat pemesan ojol. [Twitter]
Tangkapan layar chat pemesan ojol. [Twitter]

 

Di sisi lain, dengan membeli makanan, para penjual makanan yang juga terkena imbas dari pembatasan diri karena virus ini pun ikut terbantu. Sepinya pembeli di warung atau rumah makan juga berdampak pada pemasukan mereka.

"Udah pada order makan siang buat driver ojol yang sepi order? Kita makanan bisa nyetok, siap dirumahkan, dana darurat aman, nyerok saham juga hayu. Orang lain sarapan aja nggak bisa. Silakan laksanakan gaes," tulis pemilik akun @mrshananto dalam kolom keterangan.

Dalam isi pesan di aplikasi Gojek itu sendiri juga terlihat reaksi pengemudi ojol yang sangat berterima kasih atas bantuan yang dilakukan. Selain memberi makan, dengan melakukan pemesanan lewat ojol juga dapat membantu mereka mendapat tambahan uang.

"Siang mas. Makanannya buat mas aja, saya niat mau bantu ngasih order sama makan siang. Silahkan pilih levelnya yang mas suka. Udah bayar Gopay semua ya," tulis pemesan dalam tangkapan layar tersebut.

"Alhamdulillah makasih banyak pak... iya kebetulan saya belum sarapan.. semoga rezeki bapak makin dimudahkan," jawab pengemudi ojol.

Tangkapan layar chat pemesan ojol. [Twitter]
Tangkapan layar chat pemesan ojol. [Twitter]

 

Unggahan yang telah dibagikan sebanyak lebih dari 5.800 kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar dari netizen. Menariknya, tak sedikit netizen yang langsung beramai-ramai melakukan hal serupa.

"Done. Si drivernya sendiri malah nggak makan, doi semangat ngasih ke yang lain," tulis akun @neosheet seraya melampirkan bukti tangkapan layar.

"Sudaah and it feels so nice doing this! Thank you for being inspiring mbak!" komentar @_missjung yang juga melakukan hal serupa.

"Udah ngelakuin semalem. Sengaja malem karena kasian abang ojol sama warung yang buka nyari duit sampe malem," tambah @pumabiru.

"Bacanya terharu. Kebetulan aku juga buka warung makan di rumah tapi emang sejak adanya wabah Covid warung jadi sepi huhu. Semoga semuanya cepet berakhir agar kembali normal," ungkap @megawl_.

"Biasanya saya melakukan hal ini secara random, tapi akhir-akhir ini orderin makanan untuk babang ojol rasanya beda. Mungkin karena keadaan sedang serba sulit. Semoga kita sehat selalu," cuit @hannaindrie.

Itulah ajakan netizen untuk bantu driver ojol saat sepi order makanan ketika marak karantina diri. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Terkait

Terkini