Selasa, 07 April 2020

Ini Alasan Bill Gates Mundur dari Dewan Direksi Microsoft

Microsoft mengumumkan bahwa pendiri perusahaan, Bill Gates, telah mengundurkan diri dari keanggotaan dewan direksi.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)
Bill Gates. (Twitter/@BillGates)

Hitekno.com - Meski bukan lagi CEO, Bill Gates masih sempat memegang jabatan di dewan direksi. Namun kini resmi, ia melepaskan diri dari perusahaan yang didirikannya.

Apa alasan Bill Gates untuk melepas jabatannya dari perusahaan yang ia dirikan bersama Paul Allen ini ?

Microsoft mengumumkan bahwa pendiri perusahaan, Bill Gates, telah mengundurkan diri dari keanggotaan dewan direksi.

Sebagaimana dikutip laman Techcrunch, Minggu (15/3/2020), kabar tersebut diumumkan perusahaan pada Jumat 13 Maret 2020 waktu setempat.

Meski begitu, Bill Gates tetap menjadi penasihat teknologi untuk CEO Microsoft saat ini, yakni Setya Nadella.

Terkait alasan kemunduran dirinya, lelaki berkacamata ini ingin fokus mengurusi kegiatan kemanusiaan.

"Saya membuat keputusan untuk mundur dari jajaran dewan direksi dari tempat saya melayani (Microsoft dan Berkshire Hathaway) untuk mendedikasikan lebih banyak waktu kegiatan filantropis termasuk kesehatan dan pembangunan global, pendidikan, dan peningkatan keterlibatan saya dalam mengatasi perubahan iklim," tulis Bill Gates via LinkedIn.

Bill Gates. (Shutterstock)
Bill Gates. (Shutterstock)

 

Menanggapi pengunduran diri Bill Gates, CEO Microsoft Setya Nadella mengisahkan pengalamannya ketika bekerja bersama dengan salah satu tokoh teknologi terbesar di dunia tersebut.

"Merupakan kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa untuk bekerja bersama dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun," tutup Setya Nadella dalam siaran pers Microsoft.

Sebagai informasi, Bill Gates memang tidak terpisahkan dengan Microsoft. Pada 1975, ia mendirikan Microsoft bersama dengan Paul Allen, yang meninggal dunia pada 2018 lalu.

Bill Gates mempertahankan posisinya sebagai CEO Microsoft hingga 2000, ketika Steve Ballmer mengambil alih peran tersebut.

Sosok filantropis itu pun menanggalkan jabatan fungsionalnya dan bergeser menjadi dewan direksi Microsoft.

Namun kini, Bill Gates telah resmi melepas jabatannya di dewan direksi Microsoft untuk fokus sebagai filantropis seperti diumumkan. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Terkait

Terkini