Senin, 28 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Jum'at, 13 Maret 2020 | 19:45 WIB

Hitekno.com - Umumnya papan harga yang dipasang di supermarket memiliki jenis huruf atau angka yang ditulis dengan tinta berwarna merah pada papan berwarna kuning. Bukan diketik, tapi jenis atau huruf ini ditulis secara manual oleh pegawai supermarket. 

Belakangan beredar sebuah video yang merekam cara menulis harga di papan supermarket tersebut. Dibagikan kembali oleh akun Twitter @juriglagu pada 11 Maret, ia mengunggah video berdurasi 9 detik dari TikTok.

Dalam video tersebut terlihat seorang pegawai supermarket dengan lincahnya menuliskan harga pada papan kuning dengan tinta merah. Rupanya, teknik itu disebut PoP atau Point of Purchase.

Untuk menulisnya menggunakan isi spidol yang dikeluarkan dan dijepit dengan penjepit kertas lalu diteteskan tinta ke isi spidol tersebut. 

"Itu isi spidol dikeluarin terus dijepit baru ditetesin tinta. Divisi paling digandrungi mbak-mbak SPG yang minta ditulisin promo barang jualannya," jelas akun @achmadsucahyo.

Penulisan di supermarket. [Twitter]

Video yang telah ditonton sebanyak lebih dari 554 ribu penayangan dan dibagikan sebanyak lebih dari 14 ribu kali ke sesama pengguna Twitter itu pun menuai beragam komentar. Tak sedikit warganet yang mengaku baru mengetahui cara menulis harga tersebut.

"Pantes sama semua jenis angkanya di tiap outlet padahal manual," tulis akun @ainouaiken.

"Kirain yang nulis satu orang se-Indonesia," komentar @taufiqazhari_.

"Jenis hurufnya default ya untuk semua mall-mall gitu," tambah @g_rama112.

"Ada yang emang pakai spidol gede. Tapi lebih efisien pakai ini, karena kalau ini tinggal kasih tinta merah, nggak perlu ambil spidol di area bazaar dan harus masuk ke tagihan perusahaan," ungkap @gheachntka.

"Gue kira pakai stabilo," cuit @scottnessbruh.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

BACA SELANJUTNYA

Penampakan Kulkas Warung Pakai Kipas Angin Ini Bikin Gagal Paham