Selasa, 07 April 2020

Kemenkes RI Bikin Thread Virus Corona di Indonesia, Netizen: Kami Gak Paham

Bersama dengan thread ini juga dijelaskan kasus-kasus pasien virus corona beserta gejala-gejalannya saat pertama kali didiagnosa.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Hitekno.com - Kementerian Kesehatan RI atau Kemenkes RI belum lama ini membuat thread mengenai penyebaran virus corona di Indonesia. Bukannya menginformasi dan membuat masyarakat tenang, thread buatan Kemenkes RI justru membuat netizen bingung.

''Update situasi terkini perkembangan #COVID19 di Indonesia (11/3) (Sebuah utas) #WaspadaCOVID19'' tulis @KemenkesRI dalam cuitannya.

Dalam thread panjang tersebut, Kemenkes RI menjelaskan mengenai jumlah kasus virus corona di Indonesia hingga gejala virus corona.

Selain itu, Kemenkes RI juga menjelaskan mengenai apa yang dilakukan oleh pihak medis terkait penanganan pasien virus corona di rumah sakit rujukan virus corona.

Bersama dengan thread ini juga dijelaskan kasus-kasus pasien virus corona beserta gejala-gejalannya saat pertama kali didiagnosa.

Thread virus corona Kemenkes RI. (twitter/KemenkesRI)
Thread virus corona Kemenkes RI. (twitter/KemenkesRI)

 

Informasi yang diberikan melalui thread ini rupanya dirasa netizen justru membuat bingung. Lebih lanjut, beberapa netizen merasa bahwa informasi yang disampaikan Kemenkes RI tidak transparan.

''Kami sungguh tidak paham dengan penjelasan @KemenkesRI ini. Pembawanya memang orang, tapi penyebarannya sesuai wilayah ia berada. Karena itu, publik berhak tahu di mana kasus-kasus ini berasal untuk memetakan risikonya. Ini tanggung jawab anda sebagai otoritas kesehatan di Indonesia'' tulis @KawalCOVID19.

''Duh, Kemenkes tuh sadar nggak sih kesan tidak transparan ini justru yang bikin orang resah dan nggak percaya sama pemerintah.'' balas netizen dengan akun @shannsational.

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

 

''Belajar dengan negara tetangga tidak ada salahnya. Apakah pemerintah benar-benar serius menangani penyebaran virus ini?'' komentar pemilik akun @noona191230.

''Transparansi membangun kepercayaan publik. Transparanlah mengenai action plan dan implementasinya, komunikasi dengan baik, cermat, dan terbuka maka publik paham dan percaya'' ungkap @berkatdo.

Thread Kemenkes RI mengenai virus corona di Indonesia ini sudah mendapat 980 retweets dan 25 balasan dari netizen yang rata-rata mengaku tidak paham dengan penjelasan ini.

Terkait

Terkini