Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Selasa, 10 Maret 2020 | 08:51 WIB

Hitekno.com - Sebuah video viral menampilkan soso pedagang keki lima yang menjajakan dagangannya. Yang membuat netizen heboh hingga viral, bagaimana cara penjual ini menyajikan dagangannya.

Dengan santainya penjual ini mengaduk-aduk kuah dagangannya dengan tangan kosong. Bahkan ia melakukannya dengan santai dihadapan pembeli.

Cara pedagang kaki lima di India yang sering memasak menggunakan tangan menjadi sorotan banyak orang. Hal ini dianggap tidak higienis.

Seorang wisatawan asal Indonesia mengungkapkan pengalamannya selesai jalan-jalan ke India. Ia pun menyampaikan kritik terhadap para pedagang kaki lima di India.

Hal ini disampaikan oleh Kie Hong Lauw melalui akun Twitternya @KienAnd_ pada Minggu (8/3/2020).

Unggahan yang mengkritik pedagang kaki lima di India (twitter/@KienAnd_)

 

Kie menjelaskan bahwa setelah pulang berwisata dari India, dia diare hingga dirawat inap.

"Mantap memang makanan India ini, aku pernah travelling ke India, pulang dirawat inap 3 hari karena gak berenti pup," ceritanya.

Ibunya sampai mengomentari, "Kamu ini, pulang liburan bukannya fun malah bawa penyakit".

Dalam cuitannya, Kie juga menyematkan sebuah video yang memperlihtakn seorang pedagang kaki lima di India yang mengolah makanan menggunakan tangan.

Pedagang itu tampak memasukkan cabai ke kuah dan diaduk-aduk dengan tangan. Ia juga menghaluskan adonan kentang dan mencetaknya menjadi seukuran bola kecil memakai tangan.

Bahkan saat menyajikan makanan ke pembeli juga diberikan dengan tangan secara langsung. Video viral dalam unggahan @KienAnd_  mendapat banyak respon dan komentar netizen.

Pantauan Suara.com, video viral di media sosial tersebut telah disaksikan lebih dari 500 ribu kali pada Senin (9/3) siang.

Ada lebih dari 2.200 komentar, 5.400 retweet dan 9.900 likes di sana. Rata-rata warganet juga sependapat dengan kritikan tersebut.

Seperti komentar dari @meow_leader., "Katanya kalau baru pertama ke India pasti ngerasain dulu diare hebat, minum obatnya harus obat dari india nya. Habis itu baru deh gak akan kena lagi. Anggap aja sistem imun tubuh sedang di update. Lumayan dapat tambahan database bakteri terbaru".

"Ngaduk cabai ke kuah pakai tangan, apakah mereka tidak mengenal teknologi bernama sendok sayur?" tulis @nir_nor_.

"Kalau gue ke India gue mau memperkenalkan yang namanya centong, sendok, garpu, pencapit, sumpit pokoknya alat-alat masak," komentar dari @bbakteri.

Itulah video viral tentang penjual jajanan India yang dengan santainya aduk kuah dengan tangan. Saking ramainya jadi viral di media sosial. (Suara.com/ Rifan Aditya).