Rabu, 27 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Minggu, 08 Maret 2020 | 18:30 WIB

Hitekno.com - Berusaha menjaga privasi akun Facebook kamu? Atau mau tahu ada tidak yang memata-matai kamu di media sosial?

Facebook menyediakan fitur yang berfokus pada privasi di jejaring sosialnya untuk membantu pengguna mengetahui apakah kamu telah keluar dengan benar dari setiap perangkat yang pernah kamu gunakan untuk mengakses Facebook.

Opsi ini juga memungkinkan kamu melihat dengan tepat, di mana perangkat yang masuk ke akun kamu berada. Jadi, kamu dapat melihat jika ada yang seseorang memata-matai kamu.

Fitur ini juga dapat memberi tahu kamu merek perangkat, sehingga kamu dapat menentukan apakah itu milik kamu atau tidak. Statistik lain termasuk jenis browser web dan tanggal dan terakhir kali akun diakses.

Untungnya, ini bukan hanya statistik. Jika ada sesuatu yang tampak tidak beres, seperti kamu tidak mengenali merek perangkat yang secara teratur mengakses akun Facebook kamu, atau browser web masuk ke akun kamu bukan salah satu yang pernah kamu gunakan di salah satu perangkat kamu, Facebook memungkinkan kamu keluar dari akun dengan satu atau dua klik sederhana.

Jika kamu ingin mengecek login akun Facebook, kamu akan menemukan instruksi untuk memastikan tidak ada orang yang mengintip obrolan kamu di bawah ini.

Berikut cara mengecek jika ada seseorang memata-matai akun Facebook kamu, sebagaimana dilansir laman Express.co.uk, Minggu (8/3/2020).

1. Periksa apakah seseorang menggunakan akun Facebook kamu di smartphone

Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

 

Pertama, kamu harus membuka aplikasi Facebook atau jika kamu tidak memilikinya, kamu harus menuju ke App Store, mengunduh aplikasi Facebook, dan kemudian membukanya.

Ketuk pada tiga batang horizontal di sudut kanan bawah layar untuk memuat daftar opsi yang komprehensif. Gulir sampai kamu melihat Pengaturan lalu ketuk Keamanan> Keamanan Dan Masuk. Kamumencari bagian yang ditandai Tempat kamu Masuk.

Kemudian ketuk opsi Lihat Semua untuk membuka daftar untuk melihat semua perangkat yang saat ini masuk dengan kredensial akun Facebook kamu.

Seperti disebutkan di atas, kamu akan dapat melihat waktu dan tanggal setiap login terjadi, serta jenis perangkat dan lokasi terakhir yang diketahui.

Jika salah satu dari ini terlihat sedikit mencurigakan, cukup ketuk tiga titik yang selaras secara vertikal di sisi kanan setiap sesi dan logout, atau laporkan sebagai bukan kamu.

Kamu juga akan diberikan opsi untuk Keluar Dari Semua Sesi.

2. Periksa apakah seseorang menggunakan akun Facebook kamu di komputer

Ilustrasi Facebook. [Shutterstock]

 

Luncurkan browser pilihan kamu, lalu masuk ke Facebook. Selanjutnya, kamu harus mengeklik tarik-turun di spanduk atas Umpan Berita dan pilih Pengaturan.

Sama seperti di atas, kamu harus menuju ke Pengaturan> Keamanan dan Masuk (yang akan menjadi salah satu opsi di sisi kiri layar.

Akhirnya, lihat di bawah tajuk Tempat Anda Masuk Log untuk menemukan daftar semua perangkat yang saat ini menggunakan akun Facebook kamu. Klik Lihat Semua untuk melihat semua perangkat.

Seperti sebelumnya, mengklik tiga titik di sebelah kanan setiap sesi yang terdaftar akan membuat kamu melaporkannya mencurigakan, atau membiarkan kamu keluar dari perangkat dari jarak jauh.

Jika kamu khawatir dengan beberapa sesi - atau khawatir kata sandi akun kamu telah disusupi, opsi nuklirnya adalah dengan menekan tombol Log Out Of All Sessions.

Ini akan memungkinkan kamu mengubah kata sandi, aman karena tidak ada orang yang dapat menggunakan jejaring sosial kamu.

Itulah cara melihat apakah ada yang memata-matai akun Facebook kamu. Selamat mencoba langkah-langkah ini untuk membuat akun Facebook kamu lebih aman! (Suara.com/ Dythia Novianty).