Minggu, 31 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Minggu, 08 Maret 2020 | 07:45 WIB

Hitekno.com - Usai virus corona mewabah, beberapa negara di dunia bersiaga untuk mencegah terjadinya penyebaran virus ini termasuk dengan menyebabkan beberapa alat kesehatan yang dilengkapi teknologi

Salah satu alat kesehatan berbasis teknologi yang sering kita jumpai saat pemeriksaan tubuh adalah thermal scanner, alias alat pemindai suhu. Saat ini, alat tersebut diandalkan sebagai pendeteksi dini seseorang diduga terjangkit Virus Corona atau tidak.

Dari sekian banyak jenis thermal scanner yang kini banyak digunakan, thermo gun paling sering ditemukan karena bentuknya yang ringkas menyerupai pistol. Lantas, seperti apakah cara kerja pistol pendeteksi Virus Corona ini?

Sebagai informasi, salah satu tanda terjangkit Virus Corona adalah demam. Manusia bisa disebut demam ketika suhu tubuh sudah melewati rata-rata suhu tubuh normal, yakni 37,5 derajat.

Di sisi lain, thermo gun berfungsi untuk langsung mendeteksi suhu tubuh agar bisa mengidentifikasi gejala dan tanda awal Virus Corona.

Karena ukurannya yang bisa digenggam, thermo gun mudah dibawa ke mana-mana dan bisa digunakan untuk memeriksa suhu tubuh secara perorangan. Cara menggunakannya adalah dengan mengarahkannya ke objek untuk mengukur suhu.

Dirangkum dari berbagai sumber, thermo gun pada dasarnya adalah termometer infrared yang mengukur temperatur atau suhu tanpa harus bersentuhan dengan obyek yang akan diukur suhunya. Biasanya, thermo gun diarahkan ke jidat orang yang akan diperiksa.

Prinsip dasar termometer inframerah sendiri adalah semua obyek memancarkan energi infra merah. Semakin panas suatu benda, maka molekulnya semakin aktif dan banyak energi inframerah yang dipancarkan.

Thermo gun. [Buythermopro.com]

Jadi secara ringkas, pistol ini mengeluarkan sinar inframerah yang bisa mengumpulkan energi yang dipancarkan, ditransmisikan dan dipantulkan dari obyek.

Sensor dalam thermo gun kemudian akan mengubah data-data energi tersebut menjadi ukuran energi panas dari obyek. Setelah diarahkan ke obyek, pengguna tinggal menarik pelatuk pada pistol pendeteksi Virus Corona ini.

Sedangkan hasil pemindaian bisa ditemukan pada bagian layar yang terletak di bagian belakang thermo gun.(Suara.com/Tivan Rahmat)