Selasa, 26 Mei 2020
Agung Pratnyawan : Kamis, 05 Maret 2020 | 21:00 WIB

Hitekno.com - Foto Tara Basro belum lamai ini menggemparkan media sosial setelah menimbulkan pro-kontra. Sempat dikabarkan pula foto tersebut melanggar UU ITE.

Namun setelah kabar foro Tara Basro ini ramai, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate pun memberikan tanggapannya.

Menkominfo pun mengaku mengaku sudah melihat foto artis Tara Basto di media sosial yang sempat jadi kontroversi dan ia mengatakan foto tersebut tidak termasuk pelanggaran UU ITE.

"Kata siapa melanggar UU ITE? Tidaklah, harus dilihat baik-baik. Evaluasinya adalah itu bagian dari seni atau bukan? Kalau itu bagian dari seni, maka itu hal yang biasa." kata Johnny Plate di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, Kamis (5/3/2020).

"Namanya juga seni. Saya juga sudah liat fotonya kok," lanjut Menkominfo.

Tara Basro. (Instagram)

 

Keterangan Menkominfo tersebut membantah pernyataan Kominfo pada Rabu (4/3/2020) yang mengatakan bahwa Tara Basro sudah melanggar UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) dengan mengunggah foto tubuhnya di Twitter.

Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, kemarin mengatakan foto di akun Twitter Tara Basro memenuhi unsur UU ITE terutama pasal 27 ayat 1 tentang kesusilaan.

Tetapi menurut Johnny Plate apa yang dilakukan Tara Basro itu adaah bagian dari kampanye agar perempuan menghargai tubuhnya sendiri dan mencintainya.

"Fotonya masih dikategorikan bagian dari self respect untuk menghargai dirinya sendiri, ada manfaatnya juga. Saat ini mari kita fokus dulu untuk tidak buat hoaks, tidak sebar hoaks, itu lebih penting," tambah Menkominfo. 

Itulah pernyataan Menkominfo yang menyebutkan kalau foto Tara Basro yang sempat ramai tidak memenuhi unsur UU ITE. (Suara.com/ Liberty Jemadu).