Kamis, 04 Juni 2020
Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia : Selasa, 03 Maret 2020 | 19:56 WIB

Hitekno.com - Merebaknya virus corona membuat masker menjadi salah satu hal yang diburu oleh siapa saja. Sayangnya, oknum-oknum yang iseng justru melakukan hal curang dengan menjual masker bekas.

Adalah sebuah pabrik di Thailand yang belum lama ketahuan menjual masker bekas untuk orang-orang yang membutuhkan masker sebagai perlindungan dari virus corona.

Mengutip World of Buzz, cukup meresahkan, kepolisian Thailand lalu menggrebek pabrik yang terletak di Provinsi Saraburi ini. Penggrebekan ini berdasarkan informasi yang diberikan oleh masyarakat setempat.

Saat dicyduk oleh pihak berwajib, ada sekitar enam pekerja di pabrik yang tengah memproduksi masker bekas ini sebelum kemudian dijual secara bebas di pasar.

Mengenai cara kerjanya, enam pekerja pabrik ini memilah-milah masker bekas sebelum kemudia menyeterikanya dan dilipat ke dalam kotak agar terlihat seperti baru.

Terbongkar pabrik masker bekas. (Nation Thailand)

 

Menurut pengakuan salah satu pekerja, masker bekas ini berasal dari seorang pemasok yang mengumpulkannya dari berbagai daerah.

Untuk aksinya ini, para pekerja pabrik mendapatkan uang sebesar Rp 180 ribu per-hari usai mendaur ulang 300 sampai 400 masker tiap harinya.

Sangat meresahkan banyak orang ditengah mewabahnya virus corona, kejahatan ini lalu lekas ditangani oleh pihak kepolisian setempat.

Terbongkar pabrik masker bekas. (Nation Thailand)

 

Sampel masker bekas ini lalu diberikan ke Kementerian Perdagangan agar dilacak. Otoritas kesehatan setempat juga membawa pemilik pabrik ke jalur hukum karena melakukan tindakan tidak bertanggung jawab ini.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa masker begitu langka ditemukan usai sebagian besar wilayah di dunia digemparkan dengan kedatangan virus corona. Beberapa oknum bahkan menjual masker dengan harga fantastis dan berbeda dari biasanya.

Masker bekas yang dijual pabrik ini jelas saja membahayakan kesehatan masyarakat terutama yang sedang dibuat panik dengan menyebarnya virus corona.

BACA SELANJUTNYA

Lebih Parah dari Indonesia, Sinetron Thailand Ini Bikin Netizen Mikir Keras