Kamis, 24 September 2020
Dinar Surya Oktarini : Selasa, 03 Maret 2020 | 09:48 WIB

Hitekno.com - Kabar mengenai dua warga negara Indonesia positif virus corona sontak membuat netizen panik dan mulai mencari maskerd di sejumlah aptotek.

Namun, karena permintaan melonjak sejumlah stok masker di apotek ludes. Hal ini dimanfaatkan penjual masker di toko online dan e-commerce untuk menaikkan harga.

Kenaikan harga masker yang biasa dijual Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per box kini naik jadi ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Harga tak masuk akal ini membuat sejumlah netizen geram, karena stok makin langka namun harga makin melonjak.

Salah satu e-commerce yang berhasil ditelusuri HiTekno, harga masker bedah dengan merek tertentu dihargai mulai dari Rp 70.000 hingga 500.000.

Namun, di e-commerce lain juga terdapat masker dengan harga hingga belasan juta, yaitu Rp 14.600.000.

Harga masker melonjak ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (Toko e-commerce)

 

Tentu saja hal ini berbeda dengan sejumlah negara yang sudah terkena wabah virus corona sebelumnya yang malah membagikan masker untuk warganya secara gratis.

Masalah ini menjadi salah satu bahan penyelidikan tim siber polisi.

Dilansir dari Suara.com, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Yusri Yunus di Polda Metro Jaya mengatakan ''Memang mereka banyak menjual dengan melalui media online ya, itu akan kita cek semua, tim siber kita akan menyelidiki semua. Kemudian kita akan mencari para pelaku yang menimbun.''

Harga masker melonjak ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (Toko e-commerce)

 

Tak hanya itu, menurut Yusri aksi ambil untung yang dilakukan oleh oknum penimbun adalah perbuatan melawan hukum. Aksi penimbunan itu juga telah membuat masker meroket hingga mencapai 20 kali lipat dari harga normal.

Dia mengatakan penimbunan untuk mencari keuntungan adalah tindak pidana seperti yang diatur dalam Undang-Undang tentang Perlindungan Konsumen.

Yusri mengatakan akan menindak tegas oknum nakal yang mencoba mencari keuntungan dengan cara melawan hukum di tengah isu virus corona (Covid-19).

Gimana nih kalau menurut kamu harga masker yang melonjak tajam di tengah wabah virus corona ini?

BACA SELANJUTNYA

Sharp Kenalkan Teknologi Plasmacluster, Diklaim Bisa Bantu Bunuh Virus