Selasa, 14 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Maret 2020 | 07:30 WIB

Hitekno.com - Sebuah konten beredar di media sosial dengan mengklaim aktor legendaris Jackie Chan telah terinfeksi virus corona. Bahkan diklaim sampai menjalani karantina virus corona.

Salah satu akun yang menyebarkan adalah akun Movie Community yang mengunggah foto Jackie Chan dan menuliskan narasi sebagai berikut:

"Jackie Chan Dikabarkan Dikarantina Karena Terinfeksi Corona

Kabar kurang sedap datang dari salah satu aktor kenamaan asal Hong Kong, Jackie Chan. Aktor laga legendaris ini dikabarkan dikarantina karena terinfeksi virus corona.

Sejumlah media Hongkong dan Tiongkok menyebutkan bahwa aktor 65 tahun tersebut terjangkit virus corona karena ikut dalam sebuah pesta pribadi dengan beberapa anggota polisi, di mana beberapa di antaranya telah terindikasi mengidap virus mematikan tersebut".

Benarkah Jackie Chan terinfeksi virus corona? (Turnbackhoax.id)

 

 

Benarkah Jackie Chan terijangkit virus corona dan menjalani karantina?

Penjelasan

Dari penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Minggu (1/3/2020), kabar Jackie Chan terinfeksi virus mematikan tersebut berawal dari kemunculan sebuah video yang menampilkan Jackie Chan sedang berpesta bersama petugas kepolisian Hong Kong beberapa waktu lalu.

Pada 21 Februari 2020, muncul pemberitaan kepolisian Hong Kong mengonfirmasi ada sebanyak 59 petugas dikarantina setelah menghadiri sebuah pesta pensiun. Sebab, dalam pesta tersebut ada seorang polisi berusia 48 tahun yang terinfeksi virus corona.

Informasi tersebut memantik pendapat di media sosial bahwa Jackie Chan juga diduga menjalani karantina karena berada di pesta yang sama.

Setelah diselidiki, pesta tersebut ternyata berada di dua tempat berbeda. Polisi yang terinfeksi virus corona berada di restoran seafood dan angsa panggang di Distrik Barat Hong Kong.

Sementara, Jackie Chan berada di Yau Yat Chuen Garden City Club di Kowloon.

Jackie Chan [Instagram/@jackiechan]

Sementara itu, Jackie Chan melalui akun Instagram miliknya membantah desas desus virus corona. Ia memastikan saat ini kondisinya dalam keadaan sehat.

"Pertama, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengatakan 'terima kasih' atas perhatian semua orang. Aku sangat sehat dan aman dan belum dikarantina. Aku telah menerima banyak pesan dari teman-teman yang menanyakan apakah aku baik-baik saja. Cinta dan perhatianmu sangat mengharukan."

Kesimpulan

Kabar Jackie Chan terinfeksi virus corona dan dikarantina tidak benar. Kabar tersebut masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Itulah hasil cek fata kabar yang mengklaim Jackie Chan terinfeksi virus corona hingga menjalani karantina. Ternyata konten ini tidak benar dan termasuk menyesatkan. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Raja Thailand Gelar Sholawat Memohon Corona Hilang?