Selasa, 31 Maret 2020

Ramai #JKTBanjir4niesMlipir, Netizen Anggap Anies Tak Serius Tangani Banjir

Sebanyak lebih dari 13 ribu kicauan menggunakan hashtag tersebut.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri)
Anies Baswedan. (Suara.com/Fakhri)

Hitekno.com - Lagi-lagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan jadi sorotan netizen di media sosial ketika banjir kembali melanda ibukota. 

Netizen di Twitter menggunakan hashtag #JKTBanjir4niesMlipir hingga masuk trending topik Twitter.

Dalam hashtag yang bertengger di trending topik Twitter, netizen menyoroti Gubernur Jakarta yang mereka anggap tak serius menangani banjir.

Pantauan Suara.com, hashtag #JKTBanjir4niesMlipir mulai masuk dalam daftar trending topik di Twitter pada Rabu (26/2/2020) siang. Sebanyak lebih dari 13 ribu kicauan menggunakan hashtag tersebut.

Reaksi netizen kecewa kepada Anies dilampiaskan dalam berbagai unggahan. Ada netizen yang mengomentari video pernyataan Anies Baswedan ketika meninjau status ketinggian air di Manggarai.

Seperti akun Twitter @yusuf_dumdum. Ia menyoroti pernyataan Anies yang menyebut air tidak banyak sampah berarti air lokal.

Dalam video yang diunggah itu, tampak Anies Baswedan menanggapi kondisi air di sana.

Tagar #JKTBanjir4niesMlipir masuk trending topik di Twitter, Rabu 26 Februari 2020 (twitter)
Tagar #JKTBanjir4niesMlipir masuk trending topik di Twitter, Rabu 26 Februari 2020 (twitter)

 

Gubernur DKI Jakarta berkata, "Air yang ada di sini tidak banyak sampah, artinya itu air lokal. Dan karena air lokal tidak bergolak, jumlahnya memang cukup besar sampai siaga 1. Bukan air kiriman dan sampai siaga 1 artinya airnya cukup banyak."

Akun Twitter @yusuf_dumdum menulis komentarnya, "Ada yang paham? #JKTBanjir4niesMlipir."

Serupa dengan @yusuf_dumdum, netizen lain dengan akun @RizmaWidiono juga merasa heran dengan pernyataan sang gubernur. Ia merasa seharusnya Anies Baswedan mementingkan penanganan bencana banjir.

"4nies Sebut Banjir Jakarta Kali Ini Akibat Air Lokal. Yaiyalah air Lokal, masa air Internasional. Maaf pak Anies Baswedan, rasanya tidak penting darimana air datang, yang penting bagaimana menangani banjir dengan cara tepat, saluran drainase & got sungai lancar," cuit @RizmaWidiono.

Warganet ramaikan tagar #JKTBanjir4niesMlipir (twitter)
Netizen ramaikan hashtag #JKTBanjir4niesMlipir (twitter)

Ada pula yang mengunggah foto spanduk yang menyindir Anies Baswedan. Spanduk tersebut tertulis "Banjir kotanya, habis ABPD-nya, tertipu warganya, mundur aje deh!".

Foto ini diunggah oleh akun Twitter @Airin_NZ yang juga menyematkan hashtag #JKTBanjir4niesMlipir.

Selain foto itu, tersebar juga beberapa foto banjir yang disunting dengan tulisan #JKTBanjir4niesMlipir . Salah satunya seperti diunggah akun Twitter @KingkongPukulan berikut ini.

Akun tersebut hanya menulis cuitan, "Hmmmm heduhhhhhhh #JKTBanjir4niesMlipir".

Anies Baswedan Balik ke Balai Kota Tinggalkan Bawahannya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninggalkan bawahannya ketika melakukan kunjungan ke beberapa pintu air untuk memantau banjir.

Sejak Selasa (25/2/2020) pagi, Gubernur DKI Jakarta ini mengunjungi pintu air Manggarai. Ia mengaku tengah mengawasi ketinggian pintu air yang sempat berstatus siaga 1 ini.

Setelah itu, ia berkunjung ke pintu air Karet, Jakarta Pusat. Meski kawasan sekitarnya banjir, ia menyebut penanganan akan berlangsung lancar karena pompa bisa berfungsi baik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai rapat terkait revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas) di Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (5/2/2020). (Suara.com/Arga).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan seusai rapat terkait revitalisasi kawasan Monumen Nasional (Monas) di Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (5/2/2020). (Suara.com/Arga).

Usai kunjungannya ke Karet, ia kembali lagi ke Manggarai. Namun tak lama setelah sampai di lokasi, ia justru pergi meninggalkan jajarannya termasuk Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Sekretaris Daerah (Sekda).

Anies berjalan bersama beberapa orang stafnya meninggalkan Pintu Air. Ketika ditanya, salah seorang stafnya itu mengatakan akan kembali ke Balai Kota untuk sementara waktu.

"Ke Balai Kota dulu ya," ujar stafnya itu di lokasi, Selasa (25/2/2020).

Hingga kini, tak diketahui apa tujuan Anies Baswedan kembali ke Balai Kota. Namun menurut info yang terhimpun, Anies ingin bertemu dengan salah satu Kepala Daerah di Balai Kota. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Terkait

Terkini