Sabtu, 30 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia : Rabu, 26 Februari 2020 | 15:50 WIB

Hitekno.com - Wajah Jakarta sejak awal tahun 2020 dihiasi dengan banjir yang melanda beberapa daerah. Seiring dengan momen banjir ini, mengenang Jakarta di tahun 1955 sebelum banjir melanda, video lawas ini menjadi viral di Twitter dan mengundang berbagai tanggapan dari netizen.

Adalah @Lucky_HS yang pertama kali mengunggah video wajah Jakarta tahun 1955 saat ibukota masih minim polusi dan belum dilanda banjir layaknya sekarang ini.

Dalam video berdurasi 2 menit 20 detik, nampak penghuni ibukota yang sedang menikmati harinya melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Berbagai kendaraan jadul terlihat berlalu-lalang tanpa kemacetan layaknya Jakarta sekarang ini.

Makin unik, karena masih bersih dan tidak tercemar, kali Jakarta digunakan oleh beberapa orang untuk mencuci pakaian hingga mandi. Salah satu momen yang jarang sekali ditemukan di ibukota yang kalinya saat ini telah tercemar.

Video Jakarta tahun 1955 ini jelas saja membuat banyak orang mengenang masa-masa di mana polusi, banjir, dan masalah sampah belum merajai Jakarta. Berbagai komentar lalu ditinggalkan oleh netizen sesaat setelah video ini menjadi viral di Twitter.

Wajah Jakarta tahun 1955. (twitter/Lucky_HS)

 

Beberapa netizen dibuat kangen dengan masa-masa di tahun 1955 yang nampak dalam video Jakarta tersebut. Kamu ikut dibuat kangen dengan hal-hal jadul ini nggak?

''Bahkan sampah nggak kelihatan lho di video ini, luar biasa'' tulis netizen dengan akun @anissfitr.

''Seru ya sebelum beton-beton menyerang'' komentar pemilik akun @ilhamdungdung.

''Ini zaman adem, aman, dan tentram bang, love banget'' ungkap akun @Pak_GuruSD.

''Jakarta lebih indah zaman dulu. Kota-kota lain di Indonesia jangan terburu-buru ingin menyandang status kota metropolitan. Malah ribet!'' balas akun @wisanggeni_11.

Viral di Twitter, video lawas mengenai netizen yang kenang wajah Jakarta tahun 1955 ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 97 ribu kali dan mendapat ribuan retweets dari netizen.