Sabtu, 30 Mei 2020
Dinar Surya Oktarini : Rabu, 26 Februari 2020 | 08:30 WIB

Hitekno.com - Meninggalkan kehidupan selama-lamanya atau meninggal merupakan hal yang mengerikan untuk dibahas, namun usai kamu meninggal tak hanya barang berharga dan keluarga yang akan kamu tinggalkan tetapi hal lainnya. 

Selain harta dan benda, ada hal yang akan kamu tinggalkan: akun media sosial. Salah satunya adalah Facebook.

Apakah kamu pernah kepikiran soal apa yang bakal terjadi dengan akun Facebook-mu setelah kamu meninggal? For your information, Facebook sekarang setting khusus sebagai permintaan terakhir seandainya nggak bisa aktif lagi setelah mati.

1.Memilih antara menghapus selamanya atau memorial mode

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/ William Iven)

 

Kamu bisa masuk ke Settings > Privacy > Legacy Contact. Di sana kamu bisa memilih pengaturan untuk menghapus akun secara permanen setelah kamu meninggal. Setelah Facebook tahu mengenai kematianmu, akunnya bakal langsung hilang.

Kamu juga bisa memilih memorial mode. Di mode ini, halaman Facebook kamu masih bisa dilihat oleh teman-teman. Friends-mu juga masih bisa mengunggah post yang baik tentangmu. 

2. Pilih 'Legacy Contact' dengan bijak

Ilustrasi Facebook. (Unsplash/Alex Haney)

 

Siapa yang bakal menjalankan mode memorial? Seorang "legacy contact" yang sudah dipilih. Legacy contact adalah pihak yang melaksanakan permintaan terakhir. Mereka nggak bisa login ke akunmu, tapi yang memantau aktivitas digitalmu.

Hak aksesnya terbatas. Hanya bisa pin sebuah unggahan ke profile yang berisi informasi duka, update foto profil, dan cover. Nggak perlu khawatir, tidak bakal ada hal memalukan yang muncul setelah kepergianmu. Legacy ini tidak membaca pesan di message-mu.

3. Perlu memberi tahu “ahli waris”

Ilustrasi Facebook. (Pexels)

 

Secara otomatis, Facebook akan mengirim pesan kepada ahli waris yang sudah dipilih olehmu. Kamu perlu menginformasikan kepada pihak tersebut supaya dia tidak kaget saat mendapatkan notifikasi. 


4. Jika tidak diapa-apakan, tergantung keluargamu

Ilustrasi Facebook. (Pixabay/Simon)

 

Kalau menolak untuk menghapus akun atau memberi wewenang pada Legacy Contact, nasib akunmu tergantung pada keluargamu. Setelah kamu meninggal, mereka bisa memilih untuk meminta menghapus Facebook, membuat memorial, atau nggak ngelakuin apa-apa dan dibiarkan tetap aktif.

Apakah menurutmu fitur ini yang kamu butuhkan? Cukup inovatif karena akun media sosial di dunia maya tetap bisa dikontrol oleh pihak yang memiliki wewenang. 

Artikel ini sebelumnya sudah pernah dipublish di konten jaringan Suara.com, Keepo.me dengan judul Apa yang Terjadi dengan Akun Facebook Setelah Kamu Mati?