Selasa, 31 Maret 2020

CEK FAKTA: Benarkah Umat Muslim Kebal Virus Corona, Jutaan WN China Mualaf?

Benarkah ada 20 juta orang China jadi mualaf karena virus corona tak menyerang umat muslim?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay)

Hitekno.com - Beredar konten video yang menunjukkan sejumlah orang pindah agama Islam. Disebutkan pula kalau mereka jadi mualaf lantaran virus corona tak menyerang umat Muslim.

Video tersebut dibagikan oleh akun Facebook Ianz Mahabbah. Dalam video tersebut tamppak sejumlah orang berdiri berbaris di sebuah aula dan mengucapkan kalimat syahadat.

Dinarasikan bahwa video tersebut merupakan momen jutaan orang China menjadi mualaf. Video tersebut telah dibagikan 2,6 ribu kali.

"20 juta orang masyarakat China memeluk agama Islam setelah terbukti epidemi corona tidak menyerang umat Islam. Allah menunjukkan kebesaranNya," demikian isi narasinya.

Lantas, benarkah informasi tersebut?

Penjelasan

Dari penelusuran dan cek fakta Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Rabu (19/2/2020), video tersebut diunggah oleh pemilik akun pada 16 Februari. Setelah ditelusuri, video tersebut ternyata sudah pernah diunggah pada 7 November 2019.

Pengunggah video tersebut adalah akun YouTube Ummah Tv dengan judul video 'Masyaallah, ribuan orang pindah agama Islam di Filipina'.

Virus Corona Tak Serang Umat Islam, 20 Juta Orang China Jadi Mualaf (ist)
Cek Fakta Virus Corona Tak Serang Umat Islam, 20 Juta Orang China Jadi Mualaf (ist)

Video tersebut diunggah jauh sebelum virus corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China. Virus corona dilaporkan pertama kali terjadi pada Desember 2019.

Seorang warga China dilaporkan mengalami gejala pada 8 Desember 2019. Antara 8 hingga 18 Desember ada sebanyak tujuh kasus yang dikonfirmasi terinfeksi virus corona.

Dari tujuh kasus tersebuy, dua warga diduga terkena virus dari Pasar Grosir Makanan Laut Huanan di Wuhan. Sementara, lima orang lainnya tidak.

Kesimpulan

Informasi yang diunggah oleh akun tersebut masuk dalam kategori konten yang salah. Konten asli yang ditampilkan berupa video tidak sesuai dengan informasi yang dinarasikan.

Tidak ada puluhan juta warga China yang menjadi mualaf lantaran virus corona tidak menginfeksi umat Muslim.

Virus Corona Tak Serang Umat Islam, 20 Juta Orang China Jadi Mualaf (ist)
Cek Fakta Virus Corona Tak Serang Umat Islam, 20 Juta Orang China Jadi Mualaf (ist)

 

Itulah hasil cek fakta pada video yang mengklaim 20 juta orang china jadi mualaf karena umat Muslim kebal virus corona yang ternyata tidak benar dan termasuk konten salah. (Suara.com/ Chyntia Sami Bhayangkara).

Terkait

Terkini