Kamis, 09 April 2020

Viral Hacking Simulasi UNBK, Netizen Malah Ajak Debat Admin Kemendikbud

Perbuatan seperti ini termasuk curang atau tidak? Itu yang diperdebatkan netizen.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Viral video hacking simulasi UNBK. (Twitter/ @corntolll)
Viral video hacking simulasi UNBK. (Twitter/ @corntolll)

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial sebuah video hacking simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UBNK. Video ini jelas jadi sorotan netizen.

Menggunakan cara hacking seperti yang ada dalam video, ternyata bisa menghasilkan nilai yang sempurna saat simulasi UNBK.

Video ini diunggah oleh akun Twitter @corntollll pada 16 Februari 2020 kemarin. Nampak dalam video beberapa siswa sedang di depan laptop untuk mengerjakan soal.

Salah seorang siswa nampak membuka inspect element dari halaman soal simulasi UNBG yang mereka kerjakan dan mendapatkan hasil jawaban dari sana.

Video yang viral di media sosial mendapatkan tanggapan dari akun Twitter resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Melalui akun Twitter resmi @Itjen_Kemdikbud, membantah aplikasi yang ada dalam video bukan yang digunakan Kemendikbud dalam simulasi UNBK.

"Konfirm, bukan aplikasi yang digunakan Kementerian untuk melaksanakan simulasi UNBK. Silakan beri tau kepala sekolahnya/pihak yang berkepentingan kak, biar ga auto 100 padahal pakai cheat." tulis akun Twitter tersebut.

Perdebatan panas netizen dengan admin @Itjen_Kemdikbud. (Twitter)
Perdebatan panas netizen dengan admin @Itjen_Kemdikbud. (Twitter)

 

Akun resmi Itjen Kemendikbud yang menyebut tindakan dalam video yang viral di media sosial tersebua sebagai cheat atau kecurangan menimbulkan perdebatan netizen.

Beberapa netizen tidak terima cara tersebut disebut sebagai cheat oleh admin Itjen Kemendikbud. Bahkan netizen mengajak debat.

"Bukan cheat itu. Kalo dari sisi developer IT. Segala hal yg sifatnya public dalam app. Ya udah berarti emang hak untuk dilihat user. Kalo kaya gitu udah pasti dari sisi browser client emang terlihat. Yg b*go itu developernya bukan malah muridnya. Sembarangan lu bilang cheat2 lu pikir GTA." emosi @bongkaraibsndr.

"Cheat bisa banyak makna kak, bukan hanya yang biasa ditemui di game saja :). CMIIW." balas @Itjen_Kemdikbud.

"Mas kan cheat itu curang, ya kalo emang ngambil jawaban dari situ ya curang namanya. Disamping developer yang bikin app ujiannya. Terus perihal disisi developer it? Mereka siswa mas udah sepatutnya melaksanakan ujian dengan jujur, kalo ndak berarti belum ngerti ujian buat apa." balas @murifaii.

"Gini, aku gurumu aku kasih km soal dan di balik soal ada kunci jawabannya. aturannya adalah jangan mencontek, selesaikan sendiri soalmu tanpa bantuan apapun. tapi kamu liat kunci jawaban disaat aku lagi lengah, itu cheating dude," tambah @FiestaBesarni.

"Kembali ke pribadinya, jika integritasnya tinggi pasti siswa tsb tidak menggunakan kunci jawaban (dishonest, unfairly) sekalipun kunci jawaban tsb tersedia dan dapat diakses, dimana ada niat disitu ada kesempatan. Semangat!" lanjut @Itjen_Kemdikbud.

"Ya jangan bilang curang itu emang ada di web TOnya tidak boleh inspect element. Salahkan integritas developernya, harusnya validasi jawaban dsn request inputnya ada di sisi server (backend) bukan client. Data yg terpampang di client side itu user punya hak untuk lihat." tulis @bongkaraibsndr.

Itulah keramaian netizen bahas video hacking simulasi UNBK yang viral di media sosial. Saking ramainya sampai terjadi perdebatan panas netizen.

Terkait

Terkini