Sabtu, 29 Februari 2020

Ikut Lomba Lari Telanjang Kaki, Alasan Nenek Ini Bikin Terenyuh

Usianya 60 tahun. Bahkan mulanya, dia tidak mengetahui bahwa lari merupakan olahraga.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Kisah Lata Kare, nenek ikut lomba lari demi uang untuk pengobatan suami (twitter @BBCIndonesia)
Kisah Lata Kare, nenek ikut lomba lari demi uang untuk pengobatan suami (twitter @BBCIndonesia)

Hitekno.com - Sempar ramai kemunculan seorang nenek yang nekat ikut lomba lari maraton. Terlebih lagi, nenek ini ikut lomba lari tanpa memakai alas kaki.

Adalah Lata Kare, seorang nenek asal India yang mengikut lomba lari dengan alasan ingin memenangkan uang untuk pengobatan suaminya.

Wanita yang tinggal di negara bagian Maharashtra, India ini awalnya tidak tahu bahwa lari adalah olahraga. Kare juga tidak tahu itu bisa menghasilkan uang.

Dilaporkan BBC News, Rabu (12/2/2020), suami Kare jatuh sakit dan membutuhkan pemindaian MRI. Namun mereka tidak memiliki uang untuk biayanya.

Ia lantas menemukan cara supaya dapat membayar biaya MRI melalui lomba lari.

Kisah Lata Kare ini terdapat dalam video yang diunggah oleh BBC News Indonesia---jaringan Suara.com. Nenek itu mengikuti lomba lari tanpa alas kaki.

Dalam video tersebut, Lata Kare berkata, "Sandal saya putus saat saya berlari. Saya lepas, lalu saya buang dan saya teruskan berlari."

Kisah Lata Kare, nenek ikut lomba lari demi uang untuk pengobatan suami (twitter @BBCIndonesia)
Kisah Lata Kare, nenek ikut lomba lari demi uang untuk pengobatan suami (twitter @BBCIndonesia)

 

Nenek ini juga menjelaskan kepada BBC alasannya mengikuti lomba lari.

"Suami saya sakit. Dokter bilang mereka harus melakukan MRI. Tapi, siapa yang akan memberi kami uang Rp1 juta untuk MRI?" cerita Lata.

Ia kemudian mendengar tentang lomba lari tersebut. Warga di desanya menyarankan Kare untuk ikut lomba lari itu karena hadiahnya cukup untuk biaya pengobatan sang suami.

"Anak-anak muda di desa saya bilang 'nenek sering jalan kaki, mungkin nenek bisa menang'. Saya tanya, berapa hadiahnya. Merek bilang Rp1 juta," tuturnya.

Ia melanjutkan, "Saya pikir, suami saya bisa MRI jika saya menang. Jadi saya memutuskan ikut lomba".

Lata Kare mengikuti lomba lari 3 kilometer di Maharashtra, India pada tahun 2014. Semua orang yang menonton bertepuk tangan menyemangatinya.

"Saya masih jauh dari garis finis saat semua orang bertepuk tangan dan menyemangati saya. Saya lalu sadar, saya menang dan dapat hadiah uang," kata Lata.

Kisah nenek ini lalu diabadikan dalam sebuah film. Ia menjadi pemain utama dalam film tersebut.

"Saya hanya ingin mencari uang untuk suami saya. Saya tidak menyangka bisa membintangi sebuah film," kata wanita India ini.

Suaminya, Bhagwan Kare membenarkan pernyataan itu. Ia berkata, "Dia tidak memikirkan dirinya. Dia berlari demi saya."

Bhagwan mengaku sedih, istrinya harus ikut lomba lari di usia tua. "Tapi saya bangga dengan semua yang sudah dia capai," ujar Bhagwan.

Dilaporkan Huffingtonpost, 6 Januari 2016, Lata Kare telah memenangkan tiga kali lomba lari maraton dalam kategori warga senior di Sharad Marathon. Lomba lari ini diadakan setiap tahun di distrik tersebut.

Tahun 2016, Lata ikut maraton untuk mengumpulkan uang pembangunan rumahnya. Tahun sebelumnya, dia berpartisipasi agar dapat membayar obat jantung mahal suaminya.

Itulah soso Lata Kare, nenek asal India yang nekat ikut lomba lari maraton tanpa alas kaki demi uang pengobatan suaminya. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Terkait

Terkini