Senin, 13 Juli 2020
Agung Pratnyawan : Rabu, 12 Februari 2020 | 12:00 WIB

Hitekno.com - Sempat viral di media sosial kasus dugaan upaya penculikan penumpak taksi online. Berkat kasus ini, fitur penting Tombol Darurat Grab di apliasi jadi sorotan publik.

Kasus dugaan upaya penculikan penumpang taksi online bernisial T berakhir damai setelah karyawati 25 tahun itu mengakui bahwa ia cuma salah paham.

Namun karena kisah yang viral di media sosial itu publik diperkenalkan dengan sebuah fitur penting yakni Tombol Darurat Grab.

Karyawati T dan pengemudi Grab bernama Imam telah dipertemukan oleh polisi di Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Perempuan itu mengaku ia cuma salah paham ketika mengira akan diculik dan menekan tombol darurat Grab di aplikasi Grab untuk meminta pertolongan.

Public Relations Manager Grab Indonesia, Andre Sebastian menjelaskan bahwa tombol darurat atau emergency button adalah salah satu upaya menjamin keamanan dan keselamatan penumpang dari tindak kejahatan oknum pengemudi.

"Dengan menekan Tombol Darurat, penumpang langsung terhubung dan berkomunikasi dengan call center yang berhasil membuat oknum pengemudi mengurungkan niat jahatnya," jelas Andre.

Aplikasi layanan transportasi online Grab pada sebuah ponsel dan komputer. [Shutterstock]

 

Selain itu, kata Andre, pada layar aplikasi Grab terdapat fitur “Pusat Keselamatan” yang bisa dimanfaatkan penumpang ketika merasa tidak aman.

Di dalamnya akan tersedia tiga pilihan: bagikan detail perjalanan, melaporkan masalah keselamatan, dan dapatkan bantuan darurat.

Jika opsi Bagikan Informasi Perjalanan/Share My Ride diaktifkan, maka orang-orang terdekat akan bisa melacak lokasi dan status perjalanan Anda - lengkap dengan perkiraan waktu kedatangan dan detail mitra pengemudi.

"Dengan fitur ini, keluarga atau orang terdekat penumpang mendapat informasi dan dapat mengantisipasi jika, misalnya, pada waktu yang diperkirakan penumpang tersebut belum tiba di tujuan," ujar Andre melalui keterangan tertulis.

Sementara opsi laporkan masalah keselamatan dan dapatkan pertolongan darurat bermanfaat ketika penumpang ingin meminta pertolongan cepat dan bisa langsung terhubung dengan tim respons Grab yang berjaga selama 24 jam dalam sepekan.

"Ketika penumpang mengaktifkan fitur Dapatkan Pertolongan Darurat, selain bantuan dari tim respon kami, peringatan SMS juga terkirim ke kontak darurat yang merupakan orang-orang terdekat penumpang," beber Andre.

Itulah fungsi dari Tombol Darurat Grab yang tersedia di aplikasi Grab. Gunakan dalam kondisi darurat bukan untuk main-main. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

BACA SELANJUTNYA

Ramai Wacana Gojek dan Grab Merger, Ini Tanggapan Menkominfo