Senin, 24 Februari 2020

Akun TMC Polda Metro Dituduh Sebar Hoaks, Roy Suryo Beri Sindiran Menohok

Akun tersebut membagikan foto yang menerangkan Jalan R.E Martadinata, Jakarta Utara terendam banjir hingga tidak bisa dilewati kendaraan di kedua arahnya.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita
cloud_download Baca offline
Roy Suryo. [Suara.com/Adhitya Himawan]
Roy Suryo. [Suara.com/Adhitya Himawan]

Hitekno.com - Akun Twitter resmi Ttaffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya sedang menjadi sorotan. Akun TMC Polda Metro Jaya dituduh netizen sebar hoaks.

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengingatkan admin akun TMC Polda Metro Jaya untuk lebih teliti dalam membagikan unggahan di media sosial.

Hal ini tak lain berkaitan dengan unggahan foto banjir akun @TMCPoldaMetro pada Sabtu (8/2/2020) pagi, yang kekinian ramai dibicarakan.

Kala itu, akun tersebut membagikan foto yang menerangkan Jalan R.E Martadinata, Jakarta Utara terendam banjir hingga tidak bisa dilewati kendaraan di kedua arahnya.

"08.03 #Banjir di Jl RE Martadinata di kedua arahnya, saat ini hanya bisa dilintasi kendaraan besar," tulis @TMCPoldaMetro.

Namun, oleh sejumlah netizen foto yang dibagikan diklaim bukan menampakkan Jalan R.E Martadinata, melainkan Sungai Ancol sehingga akun @TMCPoldaMetro disebut telah membagikan informasi palsu.

Senada dengan hal itu, Roy Suryo menyarankan agar admin akun @TMCPoldaMetro lebih cermat dalam memberikan informasi, untuk mengindari hoaks. Hal itu disampaikan Roy, melalui cuitan di akun Twitter pribadinya.

Cuitan Roy Suryo soal unggahan Akun @TMCPoldaMetro. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)
Cuitan Roy Suryo soal unggahan Akun @TMCPoldaMetro. (Twitter/@KRMTRoySuryo2)

 

"Saran saya untuk Admin @TMCPoldaMetro: Next-time harus lebih cermat agar tidak dituduh menyebar hoax (karena jelas-jelas ini bukan Jalan RE Martadinata, tapi Kali (Sungai) Ancol," cuit Roy Suryo seperti dikutip Suara.com, Senin (10/2).

Ia juga mengingatkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi negara yang dibiayai oleh rakyat, sehingga harus memberikan informasi akurat.

"Ingat, ini adalah akun resmi negara yang dibiayai APBN dari Rakyat. @kemkominfo @aduankonten @DivHumas_Polri," imbuhnya

Komika Pandji Pragiwaksono juga memberi sindiran

Unggahan foto banjir aku @TMCPoldaMetro sebelumnya juga memantik respons Komika Pandji Pragiwaksono.

Pandji mengklaim akun @TMCPoldaMetro telah membagikan foto keliru lantaran menampilkan potret kali bukan jalanan.

"(emoji tertawa) Kenapa yang difoto malah kalinya. Jalanan kan di sebelah kanan & malah ada mobilnya," cuit Pandji, Sabtu (9/2).

Tanggapan Pandji tersebut ramai mendapat dukungan dari netizen.

Klarifikasi Akun @TMCPoldaMetro

Klarifikasi Akun @TMCPoldaMetro. (Twitter/@TMCPoldaMetro)
Klarifikasi Akun @TMCPoldaMetro. (Twitter/@TMCPoldaMetro)

 

Terkait foto banjir di Jalan R.E Martadinata yang ramai dibicarakan, akun @TMCPoldaMetro pun memberikan klarifikasinya.

Akun tersebut membagikan ulang foto banjir yang menuai sorotan sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas disinformasi yang terlanjur beredar.

"Mohon Maaf, terjadi kesalahan dalam memberikan informasi banjir pada hari Sabtu tanggal 8 Februari 2020 pukul 08.03 WIB, di Jl. RE Martadinata Ancol Jakut. (TMC Polda Metro Jaya)," tulis @TMCPoldaMetro.

Itulah klarifikasi akun TMC Polda Metro Jaya yang dituduh sebar hoaks oleh netizen hingga dapat sindiran Roy Suryo. (Suara.com).

Terkait

Terkini