Senin, 24 Februari 2020

Film Lawas Ini Disebut Telah Prediksi Virus Corona Sejak 2011

Banyak kejadian di film disebut-sebut mirip dengan kemunculan virus corona di China.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Hitekno.com - Sebuah video trailer film lawas kembali jadi sorotan setelah merebaknya virus corona. Pasalnya film berjudul Contagion ini disebut-sebut telah memprediksi adanya virus berbahaya tersebut.

Dalam film lawas ini, termuat beberapa kejadian mirip dengan awal mula tersebarnya wabah virus corona di Wuhan, China.

Trailer film Contagion kembali menjadi sorotan usai dianggap dapat meramalkan adanya virus corona. Film itu dinilai mirip dengan kejadian wabah virus corona yang berawal dari Wuhan, China.

Bagaimana tidak, disitu memperlihatkan bagaimana munculnya suatu virus baru yang dengan cepat merenggut nyawa banyak orang.

Disutradarai oleh Steven Soderbergh, film ini mulanya bercerita soal Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang baru pulang dari Hong Kong. Kondisinya kala itu sedang flu ketika menuju Minneapolis. 

Tak berselang lama setibanya di rumah, keadaan Beth Emhoff justru semakin parah. Dia mendadak kejang-kejang dan meninggal dunia.

Dari sanalah, Mitch (Matt Damon) mencari tahu penyebab kematian sang istri. Mengingat tidak lama itu banyak orang yang mengalami sakit serupa.

Film Contagion
Film Contagion

 

Keberadaan kota itu mirip seperti Wuhan saat ini. Jalanan menjadi sepi karena virus tersebut menyebar sangat cepat dan belum ada obatnya. Pemerintah juga memutuskan buat mengkarantina kota tersebut.

Setelah ditelusuri virus itu adalah Virus Meningoencephalitis One (MEV-1) yang berasal dari kelelawar. Penyebarannya pun cukup cepat sama seperti corona, baik itu melalui udara maupun sentuhan.

Gejala yang ditampilkan juga sama. Sesak, flu, demam tinggi hingga kejang-kejang. Dalam film tersebut seluruh masyarakat dihimbau buat memakai masker dan rajin cuci tangan. Persis seperti himbauan saat ini. 

Tapi film Contagion dikisahkan selama hampir sebulan, korban tewas mencapai 2,5 juta di Amerika Serikat dan 26 juta di seluruh dunia. Tapi di sana dijelaskan bahwa mereka akhirnya berhasil menemukan vaksin hingga virus itu dapat dihentikan.

Sedangkan korban dari virus corana tidak sebanyak itu. Yang meninggal dunia pun baru ratusan jiwa.

Kontan saja, trailer singkat yang diunggah akun YouTube Warner Bross. Home Entertainment langsung banjir komentar. Banyak netizen mengatakan kalau film tersebut sangat sesuai dengan kejadian corona saat ini.

"Siapa yang ke sini setelah melihat berita corona?" tulis akun Tropical Aussie di kolom komentar.

"Apakah ada yang ke sini karena virus Corona? Lol" timpal Abi.

"Situasi yang sama seperti Wuhan China," tambah Kevin Brazda.

Itulah film lawas Contagion yang disebut-sebut telah memprediksi adanya virus corona yang berbahaya ini. Apakah kebetulan atau memang prediksi. (Suara.com/ Sumarni).

Terkait

Terkini