Senin, 17 Februari 2020

CEK FAKTA: Benarkah Obama Jadi Calon Presiden Kenya 2021?

Benarkah Barack Obama mencalonkan diri menjadi Presiden Kenya 2021?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Barack Obama. (Instagram/ barackobama)
Barack Obama. (Instagram/ barackobama)

Hitekno.com - Sempat beredar artikel yang menyebutkan mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama mencalonkan diri sebagai presiden Kenya 2021.

Situs online World News Daily Report menerbitkan artikel berjudul "Barack Obama Announces Intention to Run as President of Kenya in 2021".

Tulisan itu berisikan informasi yang menyebutkan bahwa Barack Obama telah mengonfirmasi keinginannya untuk maju dalam pilpres Kenya pada tahun 2021.

Dalam artikel tersebut, disebutkan pula Obama percaya diri dapat mengatasi permasalahan di Kenya sebagaimana yang dia lakukan dulu saat menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Artikel itu mengklaim Obama telah membentuk partai sendiri, National Democratic Party of Kenya (NDP) dan mengonfirmasi keinginannya untuk melakukan negosiasi untuk membentuk koalisi.

Artikel yang menyebut bahwa Barack Obama mencalonkan diri menjadi Presiden Kenya tahun 2021 (turnbackhoax.id)
Artikel yang menyebut bahwa Barack Obama mencalonkan diri menjadi Presiden Kenya tahun 2021 (turnbackhoax.id)

 

Benarkah Barack Obama mencalonkan diri menjadi Presiden Kenya 2021?

Penjelasan

Berdasarkan hasil cek fakta dan penelusuran turnbackhoax.id --jaringan Suara.com, artikel terbitan World News Daily Report mengenai pencalonan Obama merupakan sebuah satire.

Hal tersebut diketahui dari disclaimer yang tertera pada bagian About Us situs tersebut. Berdasarkan disclaimer tersebut, artikel itu hanya untuk hiburan dan lelucon.

Berikut kutipan disclaimer yang tertera di situs World News Daily Report (WNDR).

"WNDR assumes however all responsibility for the satirical nature of its articles and for the fictional nature of their content. All characters appearing in the articles in this website – even those based on real people – are entirely fictional and any resemblance between them and any persons, living, dead, or undead is purely a miracle".

Terjemahan

"WNDR bertanggung jawab atas segala isi satire yang terdapat dalam artikel-artikelnya dan untuk sifat fiksi yang terdapat dalam konten. Semua karakter yang muncul dalam artikel di situs ini, meski berdasarkan karakter sungguhan, adalah fiksi dan kesamaan antara karakter tersebut dengan semua orang, baik hidup maupun tidak, adalah murni sebuah keajaiban".

Gambar yang dipakai dalam artikel itu merupakan dokumentasi dari sebuah pemberitaan yang pernah terbit sebelumnya.

Foto Obama muncul dalam pemberitaan UPI News yang berjudul Obama to Visit Kenya in July for First Time as President yang terbit pada 31 Maret 2015.

Barack Obama. (Instagram/ barackobama)
Barack Obama. (Instagram/ barackobama)

 

Kesimpulan

Jadi, artikel yang terdapat dalam World News Daily Report (WNDR) masuk kategori Satire atau Parodi berdasarkan disclaimer yang dicantumkan dalam situs tersebut.

Itulah hasil cek fakta dari kabar Barack Obama yang disebut-sebut maju sebagai calon presiden Kenya untuk 2021, yang ternyata satire atau parodi. (Suara.com/ Rifan Aditya).

Terkait

Terkini