Jum'at, 04 Desember 2020

Refund Barang Belanja Online, Pria Ini Kena Blokir Sampai Ratusan Tahun

Alasan refund pria ini yang bikin ia kena banned ratusan tahun.

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

Hitekno.com - Popularitas belanja online pun diikuti dengan beragam kejadian unik yang membuat geleng kepala. Seperti kisah satu ini, yang menjadikan seseorang kena banned ratusan tahun gara-gara refund.

Akun belanja online milik seorang pria bermarga Zhu di China terpaksa diblokir selama 980 tahun oleh eCommerce yang merasa dirugikan.

Semua ini sebenarnya berawal dari kesalahan Zhu sendiri. Pria asal Provinsi Fujian, China, ini membeli sebuah arloji mahal senilai kira-kira Rp65 juta.

Tak sampai satu menit, ia kemudian memanfaatkan fitur refund untuk mengembalikan barang setelah transaksi belanja online.

Melansir dari World of Buzz, ia mengaku 'mendadak' sadar bahwa kebiasaan belanja online tanpa pikir panjang adalah hal yang buruk. Itulah sebabnya Zhu langsung melakukan refund.

Sayangnya, aksi sembarangan refund yang dilakukan Zhu membuat pihak situs online shop berang. Mereka merasa dipermainkan dan Zhu dituduh menyalahgunakan fasilitas keanggotaan.

Alhasil, akun milik Zhu di blokir selama 980 tahun dan baru bisa digunakan lagi pada tahun 2999. Duh! Sampai segitu kejamnya situs belanja online di China.

Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)
Ilustrasi situs belanja online. (Pixabay)

 

Pihak eCommerce menyayangkan sikap Zhu dan membuat tokonya mengalami kerugian nonmateri seperti menggangu kepentingan orang lain dan menghambat operasional mereka.

Pria China ini tak terima akun miliknya dibekukan dan ia membela diri karena merasa tak melanggar perjanjian.

Disebutkan juga bahwa salah satu fasilitas anggota di eCommerce tersebut adalah hak pembeli untuk mendapatkan uang kembali sebelum barang dikirimkan.

Zhu juga keberatan akun miliknya diblokir selama 980 tahun. Pasalnya, besar kemungkinan ia sudah meninggal ketika akunnya bisa digunakan lagi.

"Abu tubuhku bahkan sudah hilang entah ke mana sebelum aku mendapatkan akunku kembali," ungkap Zhu dalam protesnya.

Itulah kisah pria China yang kena banned 980 tahun di sebuah situs belanja online hanya karena refund. (Dewiku.com/ Rima Suliastini).

Terkait

Terkini