Rabu, 19 Februari 2020

Channel YouTube Calon Sarjana dengan 12 Juta Subscriber Lenyap, Kenapa?

Hilang ke mana channel YouTube Calon Sarjana yang 12 juta subscriber itu?

Agung Pratnyawan
cloud_download Baca offline
Channel YouTube Calon Sarjana dengan 2,5 juta subscriber. (YouTube)
Channel YouTube Calon Sarjana dengan 2,5 juta subscriber. (YouTube)

Hitekno.com - Channel YouTube Calon Sarjana sempat membuat heboh dengan kasus plagiarisme. Channel YouTube dengan 12 juta subscriber ini kini dilaporkan hilang.

Sebelumnya channel YouTube JT telah melaporkan Calon Sarjana telah mengambil thumbnail beserta isi videonya tanpa memberi sumber pemilik asli video.

Kasus ini sempat ramai di media sosial hingga akhirnya pada November 2019, Calon Sarjana melalui akun Twitter telah mengakui tindakannya.

Channel YouTube ini juga meminta maaf kepada JT karena telah mengambil kontennya tanpa izin dan tidak memberikan sumber asli.

Namun kasus plagiarisme ini tidak berhenti di sini. Tiba-tiba, sejak Rabu (22/1/2020) Channel YouTube Calon Sarjana lenyap.

Channel YouTube dengan 12 juta subscriber ini tidak ditemukan lagi di YouTube. Yang ada hanya channel YouTube Calon Sarjana dengan 2,5 juta subscriber.

Dalam channel YouTube ini sama sekali tidak ditemukan video yang dipublis. Meski begitu telah mendapatkan 271 ribu view.

Channel Calon Sarjana. (YouTube)
Channel Calon Sarjana. (YouTube)

 

Sedangkan channel YouTube JT sendiri telah merilis video baru terkait hilangnya Calon Sarjana dengan 12 juta subscriber tersebut.

Dalam videonya, JT menyampaikan dirinya telah menghubungi YouTute terkait kasus plagiarisme yang dilakukan Calon Sarjana.

Disebutkan kalau JT sebelum Calon Sarjana menurunkan video tersebut, ia sudah melayangkan copyright strike kepada channel YouTube tersebut.

JT juga menemukan sejumlah video lain yang dicomot Channel YouTube Calon Sarjana dari Youtuber lain, lalu ia menghubungi pemilik video.

Para pemilik asli video ini pun mengeluarkan mengajukan copyright strike kepada channel YouTube 12 juta subscriber ini.

Karena itu, diduga jadi penyebab lenyaknya channel YouTube Calon Sarjana dengan 11 juta subscriber berganti channel lain yang 2,5 juta subscriber.

Terkait

Terkini